Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita JabarOke Rosgana, PNS Asal Subang yang Keliling Dunia karena Yoyo

Oke Rosgana, PNS Asal Subang yang Keliling Dunia karena Yoyo

Berita Jabar (harapanrakyat.com),- Oke Rosgana (46) melewati hari-harinya sebagai seorang PNS di Dinas Kominfo Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Namun, di balik aktivitas hariannya sebagai PNS, Oke mendapat julukan Bapak Yoyo Indonesia.

Kemahirannya bermain Yoyo membuat Oke melanglang buana ke berbagai negara. Oke juga beberapa kali tampil di layar kaca memamerkan keahliannya bermain Yoyo.

HR Online menyambangi Oke Rosgana di salah satu kediaman keluarganya di Kuningan, Jawa Barat, Minggu (20/3/2022) lalu.

Pria asal Subang kelahiran Bandung, tahun 1975 lalu itu mengatakan, banyak pengalaman unik yang ia dapatkan selama bergelut dalam dunia Yoyo.

“Kenal banyak orang, bisa banyak kenal pejabat. Orang-orang juga jadi mengenal saya. Paling unik ya itu saya berangkat keliling dunia gara-gara Yoyo. Saya pernah diundang ke Sudan Afrika untuk show Yoyo selama tiga tahun berturut-turut,” katanya, Jumat (25/3/2022).

Oke juga mendesain Yoyo di seluruh dunia. Salah satunya, Oke mendesain Yoyo untuk perusahaan Yoyo tertua di Amerika Serikat.

“Saya juga banyak diundang untuk mendesain Yoyo di seluruh dunia di Amerika dan South Africa. Termasuk mendesain Yoyo untuk perusahaan terkenal dan paling tua di Amerika Serikat, perusahaan Duncan,” lanjut Oke.

Kisah Oke Rosgana Pertama ‘Kenal’ Yoyo

Perkenalan Oke dengan permainan Yoyo terjadi pada tahun 1999. Saat itu seorang pemain dunia datang ke Indonesia untuk mempromosikan permainan Yoyo.

“Pada tahun 1999, saat itu ada pemain dunia datang ke Indonesia produk Yoyo, sengaja berkeliling ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia untuk promosi di Indonesia. Sejak saat itulah Yoyo kembali booming termasuk saya ikut terjun ke dunia Yoyo,” katanya.

Baca Juga: Usaha Bangkrut karena Pandemi, Pesulap Asal Tasikmalaya: Sulap Menghidupi Saya

Oke juga berpesan bagi pemula yang ingin belajar Yoyo, tak perlu ingin cepat terlihat lihai atau jago.

“Yang penting suka dan berani mencoba. Tak usah pengen cepet lihai dan terlihat jago yang penting kenali karakter Yoyo-nya. Pelajari cara melempar yang benar dan cara menangkap yang benar,” jelasnya.

Saat ditanya adakah masa depan untuk mereka yang menggeluti Yoyo, Oke Rosgana menjawabnya dengan diplomatis.

“Semua tergantung apa yang kita geluti dan apa yang kita senangi, setiap apa yang kita geluti dengan serius, bukan hanya Yoyo pasti ada masa depan. Apalagi jika kita menyebarkannya dengan rasa kesukaan, berniat untuk bisa menyenangkan orang, Insyaallah akan ada hasil positif,” katanya.

Oke menambahkan pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap jadwal show Yoyo yang seharusnya ia lakoni.

“Buat saya pandemi sangat berpengaruh, show yang biasa offline di keramaian jadi tidak dilakukan, tapi saya jadi bisa membuat channel YouTube sendiri, Rosgana Yoyo,” katanya. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -