Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPantangan Makanan Penderita Anemia, Hindari Agar Tak Semakin Parah!

Pantangan Makanan Penderita Anemia, Hindari Agar Tak Semakin Parah!

Pantangan makanan penderita anemia, penting untuk Anda hindari. Anemia, merupakan kondisi tubuh yang tidak dapat memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup.

Ketika jumlah sel darah merah tidak mencukupi, maka suplai oksigen pada tubuh juga menjadi terhambat. Apabila suplai oksigen berkurang, maka dapat memicu gejala seperti lelah, pusing, lemas, sulit berkonsentrasi, hingga hilang kesadaran.

Baca Juga: Pantangan Makanan Asam Lambung yang Harus Dihindari

5 Pantangan Makanan Penderita Anemia

Makanan penderita anemia harus dihindari, karena dalam makanan-makanan tersebut, terdapat senyawa tertentu yang dapat menyerap zat gizi, seperti zat besi.

Bila terus Anda konsumsi, maka dapat memperparah penyakit anemia tersebut. Sebagai sumber informasi kesehatan, berikut adalah beberapa contoh makanan yang menjadi pantangan.

1. Makanan yang Mengandung Tanin

Jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita anemia, yakni makanan yang mengandung tanin. Tanin, merupakan salah satu senyawa yang dapat mengganggu proses penyerapan zat besi. Contoh makanan yang mengandung tanin seperti teh hijau, teh hitam, kopi, anggur, jagung, dan sorgum.

2. Makanan yang Tinggi Kalsium

Sama halnya dengan tanin, kalsium juga dapat menghambat proses penyerapan zat besi. Hal ini akan membuat tubuh semakin kesulitan untuk memproduksi sel darah merah. Beberapa contoh makanan yang tinggi kalsium yakni, keju, susu, dan segala produk olahan dari keduanya.

Baca Juga: Pantangan Makanan Penyakit Hipertensi, Ini Daftarnya!

3. Makanan yang mengandung Gluten

Pantangan makanan penderita anemia selanjutnya yaitu makanan yang mengandung gluten. Gluten bisa menyebabkan penyerapan nutrisi seperti zat besi dan folat menjadi terganggu.

Bahkan, bagi Anda yang memiliki tubuh tidak dapat mentoleransi gluten dalam bentuk apapun, dapat memicu masalah sistem pencernaan. Contoh makanan yang mengandung gluten antara lain, pasta, gandum, selai, dan biji-bijian.

4. Makanan yang Mengandung Fitat

Bagi Anda penderita anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung fitat. Sebab. fitat biasanya terikat bersama zat besi dalam saluran pencernaan.

Sehingga, akan mengganggu proses penyerapan zat besi. Makanan-makanan yang mengandung fitat, seperti gandum, kacang-kacangan, dan beras merah.

5. Makanan yang Mengandung Asam Oksalat

Asam oksalat, juga dapat menghambat penyerapan zat besi, sehingga menjadi pantangan makanan penderita anemia. Beberapa makanan yang mengandung asam oksalat seperti kacang tanah, bayam dan coklat.

Apalagi, biji coklat yang belum melalui proses pengolahan mengandung kadar kafein tinggi. Sedangkan coklat yang sudah diolah, lebih rendah kadar kafeinnya.

Baca Juga: Pantangan Makanan saat Sakit Maag Bagi yang Mau Berpuasa

Makanan Mengandung Zat Besi Baik untuk Penderita Anemia

Hampir semua pantangan makanan penderita anemia, mengganggu proses penyerapan zat besi. Selain menghindari makanan-makanan tersebut, ada baiknya Anda juga memperbanyak makanan tinggi zat besi.

Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Asupan zat besi paling banyak bisa dari sumber hewani, seperti makanan laut, daging merah, dan daging ayam. Selain itu, sumber nabati yang bisa Anda konsumsi seperti bayam, sawi hijau, dan sayuran berdaun gelap lainnya.

Dengan daftar pantangan makanan penderita anemia ini, dapat membantu Anda untuk mengatur pola makan. Bila perlu, Anda bisa mengkonsumsi multivitamin yang kaya akan zat besi maupun nutrisi pendukung lainnya. (R10/HR-Online)