Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita TerbaruPantangan Makanan TBC Kelenjar, Inilah 5 Diantaranya

Pantangan Makanan TBC Kelenjar, Inilah 5 Diantaranya

Pantangan makanan TBC kelenjar sebaiknya diwaspadai oleh penderitanya. TBC merupakan salah satu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Selain paru-paru, TBC juga dapat menyerang organ di luar paru-paru, salah satunya adalah kelenjar getah bening. Tidak hanya TBC paru-paru, TBC kelenjar juga dialami oleh banyak orang.

Baca Juga: Pantangan Makanan Kelenjar Getah Bening yang Sebaiknya Dihindari

5 Pantangan Makanan TBC Kelenjar

Orang yang menderita TBC kelenjar ini akan memperlihatkan ciri-ciri tertentu. Seperti ada benjolan pada bagian kiri maupun kanan leher, penurunan berat badan, mudah lelah, rasa lemah yang berkepanjangan, hingga demam ringan.

Untuk membantu proses penyembuhannya, penderita bisa menghindari beberapa jenis makanan ini. Berikut informasi selengkapnya.

1. Gorengan

Gorengan merupakan salah satu pantangan makanan TBC kelenjar. Penderita TBC kelenjar sebaiknya tidak mengonsumsi jenis makanan ini. Pasalnya, gorengan memiliki kandungan minyak yang tinggi.

2. Junk Food

Bagi penderita TBC kelenjar, sebaiknya menghindari junk food. Junk food atau makanan cepat saji ini dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Selain rendah nutrisi, junk food juga memiliki kandungan berbahaya seperti tinggi kalori, banyak mengandung gula dan garam, lemak jenuh, lemak trans, hingga bahan pengawet.

Mengonsumsi jenis makanan ini dapat memberikan efek buruk dalam jangka pendek maupun panjang. Selain itu juga dapat menyebabkan napas pendek-pendek pada penderita TBC kelenjar. Apalagi jika mengonsumsi junk food tanpa olahraga atau gerak aktif.

Baca Juga: Manfaat Daun Legundi untuk Atasi Asma, TBC, hingga Cacingan

3. Roti Putih

Pantangan makanan TBC kelenjar selanjutnya yakni roti putih. Roti putih memiliki kandungan gula halus. Karena kandungan gula halusnya itulah, ada baiknya penderita TBC kelenjar tidak mengonsumsi roti putih.

4. Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan juga tidak baik untuk penderita TBC kelenjar. Umumnya, pemanis buatan ini terdapat pada minuman soda.

Meskipun penggunaan beberapa jenis pemanis buatan mendapatkan izin dari BPOM, tetapi pemanis buatan memiliki kandungan zat yang tidak dapat terserap oleh tubuh.

Sehingga, kandungan zat tersebut tidak dapat berubah menjadi sumber energi. Apabila mengonsumsinya secara terus-menerus, dapat memicu TBC kelenjar semakin parah.

Baca Juga: Gejala TBC Tulang dan Penyebabnya yang Perlu Anda Tahu

5. Makanan Pedas

Ada baiknya bagi penderita TBC kelenjar menghindari makanan pedas. Pasalnya, makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak seimbang.

Selain TBC kelenjar, makanan ini juga menjadi pemicu gangguan pencernaan seperti maag atau asam asam lambung.

Jenis pantangan makanan ini bisa Anda ganti dengan jenis makanan lain yang mendukung penyembuhannya. Seperti lemak tak jenuh (minyak zaitun), buah-buahan blueberry, cherry, tomat, sayuran hijau yang tinggi zat besi dan vitamin B, serta konsumsi sumber protein.

Selain menghindari pantangan makanan TBC kelenjar, tak kalah penting untuk mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, minum air putih, dan waktu istirahat yang cukup. (R10/HR-Online)