Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Efek Compton, Hamburan dan Rumus Hitungnya

Pengertian Efek Compton, Hamburan dan Rumus Hitungnya

Pengertian efek compton merupakan istilah ketika hasil sinar X yang tersebar pada bagian bahan tidak bisa diamati.

Dalam teori klasik, ketika gelombang elektromagnetik berhamburan dari atom, maka harapannya panjang dari gelombang radiasi mendatang akan sama.

Baca Juga : Contoh Gaya Magnet pada Benda yang Bermanfaat di Kehidupan

Apa Pengertian Efek Compton?

Efek compton berasal dari nama seorang ilmuwan yang melakukan sebuah percobaan. Hasil percobaan tersebut akhirnya terkenal dengan nama yang sama, yaitu compton.

Percobaan tersebut berlangsung pada tahun 1932. Tujuan Compton melakukannya adalah untuk mengungkap sebuah efek yang akan terjadi.

Efek compotn merupakan sebuah peristiwa ketika foto terhambur atau yang akrab disebut sebagai sinar X pada saat membentuk elektron diam menjadi elektron dan foton terhambur.

Saat itu, eksperimen yang Compton lakukan berupa menembakkan sinar X yang keluar dari bahan radioaktif dengan lempengan tipis.

Setelah keluar dari lempengan tipis, gelombang elektromagnetik akan segera berhamburan. Dari percobaan tersebut akhirnya dapat diketahui bahwa panjang gelombang dari foton datang ternyata lebih pendek daripada yang terhamburkan.

Kesimpulan:

  1. Proses menguburkan foton mendapat peran dari elektron.
  2. Kuantum cahaya bisa datang dari berbagai arah dan menghambur dalam arah tertentu.
  3. Gumpalan radiasi atau foton membawa energi dan memiliki momentum linier.

Baca Juga : Contoh Gaya Pegas pada Benda: Pengertian, Rumus, dan Kegunaannya

Rumus Efek Compton

Dalam efek compton, ada beberapa rumus yang bisa dapat kita gunakan, yaitu:

  1. Rumus Persamaan Einstein

E = mc2

E = m.c.c

Keterangan:

  • E = Energi atau J
  • M = Massa atau kg
  • C = Kecepatan cahaya atau m/s
  1. Rumus Energi Foton Planck

E = hf

p = hf

p = h/λ

Dengan keterangan:

  • p = Momentum foton atau Ns
  • h = Tetapan Planck atau Js
  • f = Frekuensi gelombang elektromagnetik atau Hz
  • c = Laju cahaya atau m/s
  • λ = Panjang gelombang foton atau m

Hamburan Compton

Selain pengertian efek compton, terdapat juga hamburannya. Hamburan compton ini merupakan sebuah hamburan inelastis foton yang memiliki muatan partikel bebas oleh elektron.

Kemudian energi foton tersebut ditransfer ke elektron hamburan. Adapun kebalikan hamburan compton yang terjadi ketika transfer partikel energi untuk foton terjadi.

Dalam hamburan compton, foton menjadi partikel dengan momentum yang dapat berpindah dan memberikan pergeseran panjang gelombang sebagai bukti bahwa radiasi terdiri dari foton itu sendiri.

Hamburan foton terjadi karena panjang gelombang cahaya yang tersebar berbeda dari radiasi insiden. Akan tetapi, asal efek data menjadi sebuah tabrakan elastis antara foton dengan elektron.

Total jumlah perubahan pada panjang gelombang tersebut terkenal dengan nama pergeseran compton. Selain itu juga ada istilah hamburan compton nuklir.

Baca Juga : Contoh Gaya Gesek di Kehidupan, Ternyata Banyak Manfaatnya!

Meski begitu, biasanya hamburan compton ini hanya mengacu kepada interaksi yang terjadi dengan melibatkan elektron saja.

Dalam teori gelombang elektromagnetik, pengertian efek compton memiliki peran cukup penting. Hal itu karena cahaya tidak dapat terdefinisikan murni sebagai fenomena gelombang. (R10/HR-Online)

- Advertisment -