Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Aki Motor Tidak Mengisi Lagi, Simak Sebelum Terlambat!

Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Lagi, Simak Sebelum Terlambat!

Penyebab aki motor tidak mengisi atau tekor ketika mesin kita nyalakan ternyata ada banyak macamnya yang wajib untuk kita ketahui bersama.

Seperti yang kita ketahui bahwa kelistrikan pada kendaran roda dua yang bermasalah memang bisa membuat kita merasa jengkel.

Hal ini karena akan ada beberapa fungsi yang malah menjadi tidak bisa bekerja maksimal sebagaimana mestinya. Apalagi pada masalah aki yang rusak, maka efeknya bisa panjang, seperti lampu mulai redup.

Baca Juga: Aki Motor Tidak Menyimpan Setrum, Ini Penyebab dan Pencegahannya!

Ketahui Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Salah satu fungsi aki adalah untuk memberi pasokan listrik ke seluruh komponen seperti lampu hingga businya.

Jika komponen yang satu ini sudah mulai rusak, sebaiknya pemilik motor jangan membiarkannya terlalu lama.

Pada dasarnya, setiap aki juga akan mempunyai komponen seperti regulator atau kiprok. Nah, fungsi dari regulatornya ini sendiri adalah untuk keran yang mampu hantarkan listrik dari spull.

Jadi, banyak sedikit aliran listriknya pada spull ini juga akan diatur oleh kiprok. Selain itu, aliran listrik juga harus kita atur agar jumlahnya tepat dan tidak berlebihan sebab bisa membuat aki menjadi tekor. Lantas apa saja penyebabnya?

Piranti Listrik Error

Penyebab aki motor tidak mengisi yang pertama adalah karena piranti listriknya sudah error sehingga membuat aki cepat tekor.

Biasanya hal seperti ini bisa timbul apabila kendaraan sudah memasuki usia di atas 5 tahun. Terlebih untuk motor kategori kilometer tinggi.

Apabila ada kabel body yang sudah terkelupas atau korsleting, maka aki tersebut akan mengalami kebocoran arus keluar. Hal ini bisa membuat arus pengisian tidak akan maksimal atau tekor.

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Overcharge yang Paling Umum, Ini Penjelasannya!

Kiprok Sudah Rusak

Pada dasarnya, kiprok adalah salah satu komponen yang cukup penting pada aki motor. Karena fungsinya adalah untuk menyesuaikan besar kecilnya tegangan listrik yang akan dialirkan menuju aki.

Hal ini menjadi salah satu penyebab aki motor tidak mengisi, mengingat bahwa arus listrik yang masuk ke aki harus benar-benar sesuai.

Apabila terlalu rendah, maka aki kurang setrum bisa saja terjadi. Jika arusnya terlalu besar, maka hasilnya tidak akan baik.

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Tekor, Periksa Sebelum Memutuskan Menggantinya

Pemasangan Kabel Salah

Sebuah kendaraan roda dua atau motor pada dasarnya akan selalu memiliki kabel yang rumit di bagian sistem kelistrikan. Sebab kabel akan menyambung antara satu dengan yang lain sebagai penghantar arus listriknya.

Selain itu, ukuran kabel bisa kecil dan pemasangan yang salah ternyata menjadi pemicu kerusakan. Sebut saja saat kabel terjepit pada beberapa bagian, maka bisa membuatnya terputus.

Itu artinya, aliran listrik akan menjadi tidak sempurna. Hal ini berujung aki yang tidak akan bisa mengisi lagi. Jadi, solusi dari penyebab aki sudah tidak dapat mengisi lagi adalah dengan cara mengecek kabelnya satu per satu.

Anda juga harus tahu apakah kabel positif dan negatif pada bagian aki sudah terpasang dengan tepat atau belum. Jangan sampai ada kabel yang longgar karena bisa mengganggu pengisian aki.

Setelah mengetahui beberapa penyebab aki motor tidak mengisi, maka jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan tersebut. Anda juga bisa melakukan service secara berkala di tukang bengkel yang terpercaya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -