Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruPerbedaan Charger iPhone dan Android dari Kabel dan Adaptornya

Perbedaan Charger iPhone dan Android dari Kabel dan Adaptornya

Perbedaan charger iPhone dan Android bisa tampak dari kode pada bagian kepalanya. Anda bisa cek bagian kode output, terutama untuk V dan A. 

Biasanya untuk kedua jenis charger, baik iPhone maupun Android sama. Hanya saja, penggunaan bisa disesuaikan dengan tipe ponsel itu sendiri. 

Penggunaan ponsel saat ini memang semakin luas. Bahkan hampir semua masyarakat memilikinya untuk menunjang kebutuhan. 

Selain sebagai alat komunikasi, ponsel bisa berfungsi untuk berbagai kebutuhan. Bahkan kini berbagai aktivitas dilakukan menggunakan ponsel pintar. 

Dari sekian banyaknya kebutuhan akan smartphone tentu perusahaan hadir membantu untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain Android, tentu Anda juga mengenal perangkat iOS dari Apple. Salah satu produk yang cukup terkenal yaitu iPhone. 

Sebenarnya untuk ponsel Android dan iPhone memiliki banyak perbedaan. Baik itu dari segi harga, kualitas, dan masih banyak yang lainnya. 

Namun muncul pertanyaan apa ada perbedaan charger iPhone dan Android? Jawaban tentu ada meski hanya sedikit.

Namun yang cukup terlihat yaitu perbedaan pada bagian kabel chargernya. Sebab sudah pasti jika ujung bagian kabel berbeda.

Baca Juga: Cas iPhone Pakai Charger Android Apakah Boleh? Begini Jawabannya

Apa Ada Perbedaan Charger iPhone dan Android?

Terkadang masalah penggunaan charger yang bukan bawaan tentu menimbulkan masalah bagi ponsel itu sendiri. Salah satu yang banyak terjadi yaitu penggunaan antara satu merek dengan merek lainnya.

Untuk sama-sama pengguna Android mungkin bisa saja digunakan secara bergantian. Namun apakah charger sama? Sehingga penggunaannya bisa dilakukan sama seperti yang lainnya?

Tentu pertanyaan tersebut cukup mudah untuk dijawab. Untuk keduanya, berbeda charger yang harus digunakan. Biasanya hal ini tampak dari kabel dengan ujung yang berbeda.

Untuk adaptornya sendiri masih bisa digunakan. Sayangnya, tidak semua tipe adaptor ponsel Android memiliki tegangan sama seperti milik iPhone.

Jika tegangan adaptor Android lebih kecil, maka untuk mengecas iPhone tentu tidak akan masuk. Sehingga perbedaan ini akan terlihat. Anda tidak bisa menggunakan charger Android untuk iPhone secara sembarangan.

Perbedaan charger keduanya dapat terlihat dari bagian ujung kabelnya. Selain itu, pada bagian adaptor setiap tipe ponsel memiliki kode output yang berbeda pula.

Ciri Charger iPhone Asli

Selain tahu apa sebenarnya perbedaan charger iPhone dan Android, Anda juga perlu tahu bagaimana ciri-ciri ORI dari keduanya. Untuk charger iPhone terlebih dulu memiliki ciri-ciri yang wajib Anda tahu.

Sebab harga iPhone yang mahal membuat Anda tidak bisa menggunakan charger secara sembarangan. Jika charger bawaan rusak atau hilang, Anda perlu membeli yang ORI.

Jika menggunakan charger KW, justru akan merusaknya. Sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri charger iPhone ORI berikut ini.

Baca Juga: Colokan Charger Bengkok, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

Kabel Lightning Berwarna Emas dan Halus

Perbedaan charger iPhone dan Android dapat terlihat dari bagian kabel lightningnya. Untuk kabel iPhone asli biasanya kabel ke USB memiliki garis emas yang utuh, halus, dan lembar kotak berwarna keemasan atau perak. Sedangkan pada charger iPhone KW, berwarna emas pudar dengan ukuran yang tidak konsisten.

Ciri Khas di Ujung Konektor USB

Ujung konektor yang menghubungkan kabel dengan adaptor memiliki trapezoid interlock berupa garis-garis putus.

Sebaiknya cek secara detail. Sebab untuk versi KW juga hampir mirip, hanya saja garisnya memiliki jarak yang tidak konsisten.

Terdapat Tulisan Khusus

Perbedaan charger iPhone dan Android juga tampak dari adanya tulisan khusus pada iPhone. Logo MFI atau Made for iPhone ada pada kabel lightning ke USB terdapat tulisan khusus Designed by Apple in California.

Sedangkan untuk charger KW justru menghapus tulisan Apple yang biasanya untuk menghindari hukum penggunaan.

Baca Juga: Cara Menambah Ampere Charger HP Aman, Pengisian Lebih Cepat!

Ciri-Ciri Charger Android Asli

Berbeda iPhone dengan Android tentu juga bisa Anda lihat dari versi ORI dan KW. Untuk charger ponsel Android asli dengan KW memang tampak sedikit perbedaannya.

Lain dengan perbedaan charger iPhone dan Android. Untuk charger Android asli, Anda bisa cek dari logo brandnya. Biasanya logo charger asli sedikit pudar, namun tampak elegan.

Selain itu, Anda bisa bandingkan langsung mulai dari desain dan tulisan angka bagian adapternya. Sehingga bisa tahu mana yang asli dan KW.

iPhone maupun Android sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Namun Anda perlu tahu perbedaan charger iPhone dan Android agar tidak salah dalam menggunakannya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -