Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita BisnisPerbedaan Investasi dan Deposito dari Segi Kentungan dan Risikonya

Perbedaan Investasi dan Deposito dari Segi Kentungan dan Risikonya

Perbedaan investasi dan deposito cukup banyak dan beragam. Apalagi yang cukup menonjol yaitu dari segi keuntungannya.

Sebagian besar masyarakat menabung di deposito dengan harapan jika dana yang dimilikinya tersebut bisa menjadi sebuah investasi. Namun sayangnya tingkat bunga dari deposito tersebut memiliki angka di bawah inflasi.

Hal ini mengakibatkan deposito justru malah merugi. Agar Anda tidak salah mengartikan, sebaiknya tahu apa saja perbedaan investasi dan deposito secara jelas.

Baca Juga : Prinsip Investasi Bertanggung Jawab Meningkat di Masa Pandemi

Perbedaan Investasi dan Deposito dari Definisinya

Agar Anda lebih paham tentang kedua hal tersebut berikut ini ada penjelasan secara singkat. Mengingat kebutuhan finansial menjadi hal yang penting, Anda pun perlu memperhatikannya sejak awal.

Anda bisa memilih berbagai platform untuk memenuhi kebutuhan masa mendatang. Seperti halnya tentang deposito dan investasi.

Deposito

Deposito itu sendiri adalah istilah dalam keuangan yang memiliki artian yaitu uang yang tersimpan pada bank dalam jumlah waktu tertentu menurut kesepakatan antara pihak bank dan nasabah.

Transaksi deposito juga melibatkan transfer uang pada pihak lain. Namun deposito juga memiliki artian sebagai jaminan untuk pengiriman barang.

Baca Juga : Investasi Reksadana yang Aman dan Risiko Rendah Terjamin Oleh OJK

Investasi

Sedangkan investasi adalah sejumlah dana atau modal yang diberikan pada sebuah perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Hal ini memang terlihat jauh berbeda dengan deposito.

Meski demikian, untuk melakukan investasi Anda bisa melakukan deposito terlebih dulu. Jika dari segi keuntungan tentu investasi jauh lebih besar.

Hal ini juga tidak menutup kemungkinan jika risiko yang bisa Anda hadapi juga jauh lebih tinggi.

Keuntungan

Perbedaan investasi dan deposito dari berbagai segi memang juga cukup berbeda. Namun yang cukup menonjol yaitu dari segi keuntungan yang investor dapatkan.

Investasi memang menjadi salah satu aktivitas yang banyak kaum milenial lakukan. Selain keuntungan, memang banyak hal yang jauh berbeda antara keduanya, termasuk risiko yang dihadapi.

Untuk keuntungan investasi, jika saham yang Anda milikinya naik maka akan mendapatkan keuntungan besar.

Berbeda dengan deposito, tidak terlalu besar return yang investor dapatkan. Misalnya saja jika uang deposito kecil maka tidak akan besar sebagaimana yang terjadi pada investasi.

Baca Juga : Jenis-Jenis Investasi Pemerintah Daerah dari Segi Jangka Waktunya

Risiko

Perbedaan keduanya juga tampak dari segi risikonya. Keduanya memiliki risiko yang jauh berbeda.

Untuk investasi sendiri tentu memiliki risiko dengan tingkat yang cukup bervariatif. Semua tergantung dari emiten yang Anda pilih.

Namun sebagian besar risiko investasi terutama saham memiliki tingkat yang cukup tinggi. Sehingga meski keuntungannya besar, namun risikonya juga seimbang.

Berbeda dengan deposito yang memiliki tingkat risiko lebih rendah. Bahkan hampir tidak ada sama sekali. Untuk itu, perbedaannya cukup jauh, bahkan berbanding terbalik.

Agar Anda bisa menentukan pilihan yang tepat, tidak ada salahnya jika mengetahui apa saja perbedaan investasi dan deposito. Hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam menyiapkan kebutuhan finansial untuk masa mendatang. (R10/HR-Online)

- Advertisment -