Selasa, September 27, 2022
BerandaBerita CiamisPilkades di Sindangbarang Ciamis Ricuh, Dorr! Polisi Lepaskan Tembakan

Pilkades di Sindangbarang Ciamis Ricuh, Dorr! Polisi Lepaskan Tembakan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Sindangbarang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berakhir ricuh, Minggu (27/03/2022). 

Kericuhan terjadi setelah pengumuman perhitungan suara yang tak memenuhi Kuorum dengan capaian suara 48,82 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Saat dikonfirmasi Camat Panumbangan Asep Khalid membenarkan telah terjadi ketegangan pada Pilkades di Desa Sindangbarang antara dua pendukung calon .

“Benar di desa Sindangbarang tadi siang terjadi ketegangan sampai pihak Kepolisian mengeluarkan tembakan peringatan saat melerai kejadian tersebut,” terangnya kepada HR Online saat dikonfirmasi melalui telepon, Minggu (27/03/2022).

Menurutnya, ketegangan dipicu meninggalnya salah satu calon yang sudah ditetapkan menjadi calon kepala desa. Sementara panitia Pilkades masih melanjutkan penyelenggaraan Pilkades sesuai mekanisme.

“Pada saat pemungutan suara, masyarakat banyak yang tidak hadir ke TPS hingga tidak memenuhi kuorum. Karena itu terjadilah ketegangan sebelum pleno,” katanya.

Asep menjelaskan, saat ini kondisi di desa Sindangbarang sudah mulai tenang. Sementara pihak keamanan masih berjaga untuk mengantisipasi gesekan antar warga.

“Sekarang sudah tenang dan semoga tidak terjadi kembali ketegangan,” harapnya. (Fahmi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)