Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita BanjarPohon Albasia Tumbang Timpa Warung di Obwis Ulin Kabapa Kota Banjar

Pohon Albasia Tumbang Timpa Warung di Obwis Ulin Kabapa Kota Banjar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Pohon Albasia tumbang menimpa sebuah warung di lokasi obyek wisata Ulin Kabapa, Desa Jajawar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (29/03/2022).

Pohon tersebut tumbang saat hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah Kota Banjar. Peristiwa pohon tumbang yang menimpa warung hingga rusak itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Pengelola Wisata Ulin Kabapa, Bira Tawado mengatakan, sebelum kejadian di lokasi sedang berlangsung acara munggahan Komunitas Pammi Korwil Jawa Barat.

Kemudian sekitar pukul 15.00 WIB hujan turun sangat deras dengan angin kencang. Setelah itu tiba-tiba pohon Albasia yang berada di lokasi tumbang dan menimpa saung tempat berjualan.

Saat itu juga acara munggahan langsung berhenti. Para pengunjung kaget dan langsung mencari tempat aman untuk berteduh.

“Selain menimpa warung, pohon yang tumbang itu juga menimpa saung tempat menyimpan peralatan,” terang Bira kepada HR Online.

Baca Juga : Hari Pariwisata Dunia, Sektor Wisata di Kota Banjar Beharap Bangkit Lagi

Akibat kejadian tersebut, warung dan saung tempat menyimpan peralatan mengalami kerusakan pada bagian atap. Untuk sementara ini tidak bisa ditempati.

Beruntung, saat kejadian tidak ada warga yang berada dalam warung, sehingga pohon tumbang tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Nggak ada korban. Cuma warung sama saung peralatan saja yang rusak. Tapi tetap tidak bisa kita tempati lagi,” kata Bira.

Terpisah, Kepala BPBD Kota Banjar, Kusnadi, melalui Kasi Darlog, Yudi Andiana, membenarkan kejadian tersebut. Saat ini kecelakaan sudah ditangani petugas dari BPBD.

Sampai saat ini, berdasarkan laporan tercatat ada dua bencana pohon tumbang, yaitu di Obwis Ulin Kabapa dan Dusun Cipantaran. Namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Untuk yang di Obwis Ulin Kabapa, kondisi warungnya juga rusak ringan, bagian atap belakangnya yang rusak. Kalau yang di Cipantaran cuma pohon tumbang. Tadi juga kita sudah melakukan proses evakuasi,” pungkasnya. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -