Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita CiamisPohon Trembesi di Jalur Hijau Ciamis akan Diganti

Pohon Trembesi di Jalur Hijau Ciamis akan Diganti

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Banyak pohon trembesi di jalur hijau wilayah perkotaan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tumbang hingga mengakibatkan jalan trotoar rusak.

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis rencananya akan mengganti jenis pohon tersebut dengan tanaman yang lebih kuat.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan DPRKPLH Ciamis, Uus mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendata jumlah pohon trembesi yang tumbang.

Namun, sebelum melakukan penggantian dan penanaman pohon pengganti trembesi yang tumbang, pihaknya terlebih dahulu akan memperbaiki trotoar yang rusak.

“Kami akan perbaiki trotoar yang rusak akibat pohon trembesi tumbang, sehingga nantinya bisa kembali ditanami pohon. Namun jenis pohonnya kami masih memilih, apakah pohon kemuning atau jenis lain. Pastinya harus jenis pohon yang kuat,” kata Uus kepada HR Online, Sabtu (1/03/2022).

Baca Juga : Banyak Pohon Tumbang, DPRKPLH Ciamis Akui Kurang SDM

Uus mengakui bahwa jalur hijau wilayah Ciamis kota banyak ditanami pohon trembesi sebagai penghijauan. Tetapi akhir-akhir ini sering terjadi hujan dan angin kencang yang menyebabkan tumbangnya pohon trembesi.

Hal itu karena kultur pohon trembesi mudah patah meski pohonnya besar. Pihaknya saat ini sedang melakukan pemangkasan pohon supaya tidak terlalu rimbun.

“Biasanya pohon trembesi banyak sekali dahannya, dan itu yang memicu pohon mudah patah jika diterjang angin kencang. Bahkan sudah beberapa kali pohon trembesi wilayah Ciamis kota yang tumbang,” jelasnya.

Dengan banyaknya pohon trembesi yang tumbang, pihaknya pun akan segera melakukan penggantian pohon yang akarnya kuat.

“Pohon trembesi memiliki akar yang besar, jadi kalau tumbang merusak trotoar. Itu yang akan kita tangani terlebih dahulu, memangkas sisa pohon hingga akarnya, lalu memperbaiki trotoar. Nantinya ada tempat untuk penanaman pohon,” kata Uus.

Karena masih banyak pohon trembesi di jalur hijau wilayah perkotaan Ciamis yang kondisinya membahayakan.

Setelah selesai pemangkasan, pihaknya akan fokus perbaikan dan penanaman. Sebab penghijauan wilayah perkotaan sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan. (ES/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -