Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita BisnisPrinsip Investasi Bertanggung Jawab Meningkat di Masa Pandemi

Prinsip Investasi Bertanggung Jawab Meningkat di Masa Pandemi

Prinsip investasi bertanggung jawab menghargai lingkungan hidup dan mendukung suasana pembaruan. Hal ini guna meningkatkan keamanan dan kualitas produk.

Ada banyak jenis investasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat di belahan dunia. Bahkan dengan adanya investasi, membantu sebagian besar orang mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Seperti halnya investasi bertanggung jawab atau biasa terkenal dengan investasi sosial. investasi satu ini adalah bentuk dari strategi investasi yang menggabungkan antara perolehan keuntungan besar dari kebijakan sosial. Prinsip investasi bertanggung jawab ini berhubungan dengan banyaknya orang atau lokasi.

Baca Juga: Investasi Rumah Kontrakan, Begini Tipsnya Agar Meraih Cuan Tinggi

Pahami Prinsip Investasi Bertanggung Jawab Saat Pandemi

Sebuah investasi memang terkadang terukur dari seberapa besar keuntungan yang investor peroleh. Meski demikian, kini sebuah perusahaan harus memiliki portofolio berisikan proyek yang tidak hanya memenuhi tuntutan pemegang saham.

Namun tidak hanya itu saja, masih ada hal lain termasuk komunitas lokal, masyarakat sipil, hingga pemerintahan.

Hal ini semua perlu teraih dengan tetap memperhatikan risiko dalam mengamankan dan menjamin keberlangsungan investasi.

Sehingga prinsip investasinya tak hanya terpaku pada satu hal saja. Namun mencakup banyak hal termasuk kepentingan bersama.

Bahkan dalam berinvestasi ada banyak yang perlu Anda perhatikan. Termasuk risiko yang akan Anda hadapi.

Baca Juga: Bear Market Crypto, Begini Tips Menghadapi Kondisinya yang Tepat

Dampak Positif Pandemi untuk Investasi Bertanggung Jawab

Seperti yang sudah Anda tahu jika beberapa negara telah mengalami pandemi Covid-19, termasuk Indonesia. Saat kondisi inilah, banyak masyarakat yang terpuruk dari segi ekonomi.

Sehingga membuat investor tidak berani melakukan investasinya. Namun selang beberapa saat justru momen inilah yang tepat bagi institusi untuk melakukan prinsip investasi bertanggung jawab.

Sehingga institusi tersebut akan semakin disegani di mata publik. Saat ini kepentingan solidaritas memang jauh lebih di depan daripada kompetisi. Kepentingan internal maupun eksternal perusahaan jauh lebih penting.

Apalagi ketika masa sulit seperti sekarang ini. Sebuah perusahaan bisa memanfaatkan peluang yang ada. Hal ini bertujuan untuk menyisipkan nilai-nilai dari perusahaan pada masyarakat saat kegiatan bertanggung jawab.

Misalnya saja pada perusahaan terhadap nilai green business. Perusahaan dalam menjalankan usahanya tidak hanya berpegang pada nilai profit.

Namun perlu Anda ketahui jika memikirkan dampak baik terhadap lingkungan maupun orang lain penting adanya.

Baca Juga: Investasi Panas Bumi Targetkan Mencapai Rp 23 Triliun di Indonesia

Prinsip investasi bertanggung jawab sosial harus sebagai pertimbangan saat korporasi tetapkan strategi perusahaan. Perusahaan akan melakukan investasi, baik dengan alasan praktis dan moral.

Bahkan investasi ini telah dipercaya dan dilakukan oleh sejumlah perusahaan di dunia. Pendiri atau pemimpin perusahaan turun mendonasikan kekayaan mereka demi sebuah prinsip tanggung jawab.

Perusahaan dengan portofolio menarik tentu akan menjadi incaran para investor. Prinsip investasi bertanggung jawab pun memiliki peran penting  saat pandemi. (R10/HR-Online)

- Advertisment -