Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita CiamisPuluhan Rumah di Cijeungjing Ciamis Rusak Diterjang Puting Beliung

Puluhan Rumah di Cijeungjing Ciamis Rusak Diterjang Puting Beliung

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Puluhan rumah di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak diterjang angin puting beliung. Selain rumah, sejumlah kendaraan juga rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

Angin puting beliung dan hujan deras yang menerjang Blok Gunung Jati, RT. 010, RW. 004, Dusun Kulon, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis itu terjadi pada Selasa (29/03/2022).

Kepala Dusun Kulon, Agus Kurniawan mengatakan, angin kencang terjadi pada pukul 14.30, lalu terjadi hujan turun sangat lebat, akibatnya banyak pohon yang tumbang.

“Pohon tumbang tidak hanya menimpa rumah, tetapi merusak jalan serta menimpa kendaraan milik warga yang kebetulan parkir pinggir jalan. Setelah reda baru warga melakukan evakuasi,” ungkapnya.

Agus menyebutkan, ada sekitar lima motor warga yang tertimpa pohon tumbang. Warga pun melakukan evakuasi sepeda motor yang tertimpa pohon.

Dengan menggunakan alat berat berupa mesin pemotong, satu persatu sepeda motor tersebut akhirnya bisa dievakuasi.

Baca Juga : Kriminalitas Meningkat, Karta Cijeungjing Ciamis Ajak Para Pemuda Jaga Lembur

Puluhan Rumah di Cijeungjing Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Selain itu, warga juga melakukan evakuasi memangkas pohon tumbang yang menghalangi jalan dan jembatan. Karena itu merupakan akses warga setiap hari supaya bisa kembali dilalui. Bahkan kata Agus, banyak pohon besar yang tumbang.

“Angin puting beliung ini merusak rumah warga di empat dusun, yaitu Dusun Wetan, Dusun Kulon, Dusun Bojongnangoh dan Dusun Cihideung. Jenis kerusakannya rusak ringan dan berat semunya akibat tertimpa pohon,” terangnya.

Agus menyebutkan, berdasarkan laporan dari data masing-masing dusun ke pihak desa, jumlah rumah rusak ringan berada di Dusun Wetan dengan jumlah 10 unit rumah.

Kemudian, kerusakan yang terjadi di Dusun Kulo 12 rumah, Dusun Bojongnangoh 9 rumah, dan Dusun Cihideung 8 rumah, jadi jumlah 40 rumah kan.

Sementara, untuk jumlah rumah rusak berat ada 11 unit. Lokasinya meliputi Dusun Wetan sebanyak 4 rumah, Dusun Kulon 3 rumah, Dusun Bojongnangoh 2, dan Dusun Cihideung 3 rumah. Sehingga jumlah keseluruhannya ada 51 rumah rusak.

Aparat dan warga RT, RW setempat terus melakukan gerakan evakuasi pohon tumbang, terutama yang menimpa. Namun, warga yang rumahnya rusak berat tidak mengungsi.

“Untuk kondisi saat ini terbilang kondusif, meski sebelumnya sempat padam listrik sekitar satu jam,” kata Agus.

Namun, petugas PLN Ciamis segera melakukan perbaikan dan listrik kembali terang, sehingga warga bisa melakukan aktifitas evakuasi seperti memotong pohon. (es/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -