Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruRantai Motor Terlalu Kencang, Begini Tips dan Dampak yang Bisa Terjadi

Rantai Motor Terlalu Kencang, Begini Tips dan Dampak yang Bisa Terjadi

Rantai motor terlalu kencang bisa mengakibatkan timbulnya beberapa efek buruk. Apalagi jika tidak segera teratasi, maka berdampak buruk.

Seperti yang sudah banyak masyarakat ketahui jika rantai pada sepeda motor memiliki peran cukup penting.

Seperti komponen lainnya, rantai membutuhkan perawatan dan pengecekan secara rutin. Sebaiknya Anda setel rantai secara berkala. Hal ini bertujuan agar usia pakai hingga performanya tetap terjaga.

Jika Anda biarkan rantai tidak pada kondisi yang tepat, maka bisa saja membuat Anda merasa kurang nyaman saat berada di perjalanan. Terkadang sulit untuk menyetel rantai sepeda motor.

Bisa jadi terlalu kendur atau kekencangan. Jika setelan tidak tepat, banyak akibat buruk yang akan Anda rasakan. Meski tampak sepele, justru hal ini yang perlu Anda perhatikan.

Sebaiknya setel komponen agar rantai motor terlalu kencang tidak Anda rasakan. Sebab, jika kondisinya seperti itu dan Anda biarkan begitu saja, mengakibatkan efek buruk bisa terjadi.

Baca juga: Penyebab Rantai Motor Sering Lepas, Salah Satunya karena Kendur

Dampak Rantai Motor Terlalu Kencang

Rantai adalah salah satu komponen penting pada kendaraan sepeda motor. Fungsinya untuk menyalurkan tenaga penggerak dari mesin ke roda. Sehingga kendaraan mampu bergerak dan melaju sesuai yang diinginkan.

Karena kinerjanya yang terus berputar, terkadang rantai bisa saja kendur. Apalagi jika kendaraan sering terpakai. Namun untuk menyetel rantai agar sesuai, sebenarnya tidaklah sulit.

Hanya saja, masih banyak orang yang tidak paham bagaimana mengencangkan rantai secara tepat. Dari ketidaktahuan inilah terkadang rantai disetel terlalu kencang.

Padahal jika rantai motor kencang bisa menimbulkan dampak tertentu. Berikut ini ada beberapa dampak jika rantai motor terlalu kencang.

Rantai Cepat Putus

Salah satu dampak jika rantai motor terlalu kencang yaitu mudah putus. Hal ini terjadi akibat gesekan pada rantai bertambah. Apalagi jika sepeda motor membawa muatan atau barang, risiko rantai putus akan jauh lebih besar.

Adanya tekanan yang menarik rantai juga bisa mengakibatkannya putus. Masalah ini akan cukup fatal jika tidak segera teratasi. Untuk membuat kondisinya tetap aman, sebaiknya selalu cek kondisi rantai sepeda motor secara berkala.

Baca juga: Cara Mengencangkan Rantai Motor yang Perlu Anda Ketahui

Tenaga Mesin Menurun

Selain rantai yang mudah putus, rantai motor terlalu kencang juga mengakibatkan performa kendaraan berkurang. Gesekan yang bertambah pada rantai mengakibatkan hal ini terjadi.

Sebenarnya bagi Anda yang hendak menyetel rantai, ada cara mudah yang bisa dilakukan. Jika memang Anda tidak paham, segera bawa ke bengkel otomotif terbaik. Sehingga bisa mengatasi rantai yang terlalu kencang atau bahkan kendur.

Tips Mengencangkan Rantai Motor yang Tepat

Bagi Anda yang sedang mengalami rantai sepeda motor kendor, jangan panik. Sebab ada tips mudah yang bisa Anda lakukan.

Dampak buruk yang bisa terjadi pun dapat terhindari. Agar lebih jelas lagi, berikut ini ada beberapa tips mudah menyetel rantai motor dengan benar.

Standar Tengah

Tips pertama yang bisa Anda lakukan sebagai cara setel rantai motor terlalu kencang yaitu standarkan kendaraan dengan bagian tengah.

Dengan cara ini, motor akan terangkat sempurna. Sehingga proses untuk menyetel rantai jauh lebih mudah.

Kendurkan Baut Braket Kaliper

Ada langkah selanjutnya yaitu kendurkan baut braket kaliper. Hal ini juga berlaku pada sepeda motor dengan rem cakram pada bagian belakang.

Namun jika sepeda motor tidak memiliki rem belakang cakram, bisa abaikan langkah yang satu ini. Anda bisa mengundurkan baut breket dan kaliper bagian belakang. Biasanya komponen ini berada pada swing arm suspensi belakang sisi kanan roda.

Kendorkan Mur As Roda

Ada cara lain yang tidak boleh Anda lupakan yaitu membuka mur as roda menggunakan kunci ring. Buka bagian kiri maupun kanan.

Anda putar bagian tersebut menggunakan kunci lain untuk menahan perputaran. Jangan terlalu kendur sebab akan mengakibatkan roda lepas.

Putar Mur Adjuster Rantai

Setelah itu, proses yang bisa Anda lakukan yaitu setel rantai dengan cara memutar dua mur adjust pada ujung swing arm roda motor. Putar kedua sisi secara tepat. Putar secara bertahap searah jarum jam.

Sebaiknya jangan sampai rantai motor terlalu kencang yang justru dapat berdampak buruk. Setel secara tepat dan bisa kencangkan kembali mur yang semula Anda kendurkan. (R10/HR Online)

- Advertisment -