Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita NasionalRI Siap Masuk Endemi, Diperkirakan 3 Bulan Lagi

RI Siap Masuk Endemi, Diperkirakan 3 Bulan Lagi

RI siap masuk endemi dari yang sebelumnya pandemi Covid-19. Sebab di negara tetangga lain juga tengah mempersiapkan fase transisi ini. Sebut saja negara Malaysia yang sedang menyiapkan fase transisi pandemi untuk menuju endemi.

Sementara di Indonesia sendiri beberapa pihak termasuk Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia juga menegaskan, walaupun Covid-19 masih dalam fase pandemi, tidak menutup kemungkinan fase transisi akan menjadi endemi.

Baca Juga: Satu Rumah Warga Rusak Parah Tertimpa TPT Ambruk di Cisaga Ciamis

Benarkah RI Siap Masuk Endemi?

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia yakni Zubairi Djoerban memprediksi bahwa negara Indonesia mampu memasuki fase pandemi agar menjadi endemi virus Covid-19 dalam waktu 1 hingga 3 bulan.

Meski demikian, Zubairi juga mengingatkan kembali bahwa kondisi ini hanya bisa tercapai jika perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia memenuhi syarat.

Selanjutnya ia kembali menegaskan bahwa untuk saat ini Tanah Air belum siap jika dikatakan sudah memasuki endemi Covid-19.

Hal ini lantaran Zubairi menyebutkan ada sejumlah kondisi yang wajib untuk dipenuhi, setidaknya ada tiga. Tetapi rupanya Zubairi juga menyoroti tentang capaian warga lansia yang belum 70%.

Baca Juga: Hotel Ngapung Mandalika untuk Para Penonton MotoGP, Ini Syaratnya!

Melakukan Vaksinasi

Informasi tentang RI siap masuk endemi, Zubairi juga meminta koordinasi pemerintah pusat dan daerah agar menggenjot vaksinasi.

Khususnya untuk para kelompok yang lebih rentan seperti lanjut usia supaya target endemi cepat tercapai.

Selanjutnya ia menghimbau supaya masyarakat selalu menjaga protokol kesehatan 5M. Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas, hingga menghindari kerumunan.

Tak hanya itu, melainkan juga penghapusan syarat negatif virus melalui tes PCR bagi para Pelaku Perjalanan Dalam Negeri. Baik itu melalui jalur laut, darat, hingga udara sejak tanggal 8 Maret 2022 lalu.

Kebijakan ini juga hanya berlaku untuk mereka yang telah menerima suntikan dosis vaksin serta booster.

Baca Juga: Bela Diri, Pedagang Tauge di Garut Tebas Tangan Preman Hingga Putus

Pemerintahan Kota Depok

Mengenai RI siap masuk endemi, sepertinya pemerintahan Kota Depok mengumumkan bahwa pihaknya juga sedang menyiapkan 3 skenario.

Mohamad Idris selaku Wali Kota Depok mengungkapkan bahwa endemi ini dimulai dari penerapanan vaksinasi yang efektif.

Selanjutnya Pemkot juga segera mengelola Covid-19 ini menjadi penyakit musiman. Menurut Idris, hal ini juga sebagaimana yang diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan RI, yakni menjadikan Covid-19 sebagai flu biasa.

Walaupun demikian, masyarakat juga harus selalu menerapkan protokol kesehatan mengenai pencegahan penularan Covid-19 varian baru.

Untuk skenario selanjutnya adalah langkah saat memasuki situasi paling buruk. Hal ini berupa irigasi ancaman varian baru Covid-19.

Secara umum, penurunan kasus Covid-19 khususnya di Kota Depok saat ini ada 300 per hari yang sebelumnya 2.000 kasus.

Kata kunci dari suksesnya peralihan RI siap masuk endemi adalah bersikap disiplin bagi semua masyarakat. (R10/HR-Online)