Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita BanjarRotasi AKD DPRD Kota Banjar, Sejumlah Posisi Pimpinan Diganti 

Rotasi AKD DPRD Kota Banjar, Sejumlah Posisi Pimpinan Diganti 

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar, Jawa Barat, melakukan rotasi Alat Kelengkapan Dewan atau AKD masa jabatan 2019-2024.

Sehingga, sejumlah anggota dewan DPRD pun resmi menempati posisi jabatan baru strategis di internal DPRD Kota Banjar tersebut.

Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang Ramdan Kalyubi mengatakan, perubahan susunan atau rotasi AKD tersebut berdasarkan Peraturan DPRD Kota Banjar Nomor 1 Tahun 2019.

Adapun peraturan tersebut tentang Tata Tertib DPRD, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan DPRD Kota Banjar Nomor 1 Tahun 2020.

Perubahan atau rotasi susunan keanggotaan AKD itu juga berdasarkan pertimbangan dan usulan dari fraksi-fraksi.

Adapun perubahan susunan keanggotaan AKD tersebut, kata Dadang, meliputi keanggotaan Badan Musyawarah, Komisi, Banggar. Kemudian, Bapemperda dan Badan Kehormatan.

“Perubahan AKD itu sesuai mekanisme dan peraturan, dan sudah diparipurnakan,” katanya kepada wartawan usai rapat paripurna penggantian susunan keanggotaan AKD, Rabu (2/3/2022).

Sementara ketika disinggung rotasi AKD tersebut apakah berkaitan dengan pemilu 2024, Dadang menegaskan, bahwa perubahan kelengkapan AKD tersebut bukan dalam rangka persiapan pemilu.

Akan tetapi, perubahan struktur tersebut merupakan keharusan. Karena masa jabatan AKD sebelumnya sudah memasuki masa 2 tahun 6 bulan.

Sehingga, tuturnya, berdasarkan peraturan tata tertib dan AD/ART DPRD, harus dilakukan penggantian AKD, dan itu berlaku tidak hanya di Kota Banjar.

“Pemilu sendiri itu kan masih jauh, 2024. Jadi, bukan karena agenda pemilu atau yang lain. Tapi karena memang regulasi yang mengharuskan,” tuturnya.

Rotasi AKD, Ketua Komisi III dan Bapemperda DPRD Kota Banjar Diganti

Sementara itu, berdasarkan data yang Sekretariat DPRD Kota Banjar sampaikan, ada yang berubah namun ada juga tetap pada posisi semula.

Seperti susunan keanggotaan AKD saat ini untuk pimpinan atau Ketua Komisi I masih sama dengan sebelumnya, yaitu Dallijo dari Fraksi PDIP. Kemudian Ketua Komisi II juga masih sama yaitu Asep Saefurrohmat.

Sedangkan AKD yang mengalami rotasi adalah posisi Ketua Komisi III saat ini oleh Cecep Dani Sufyan dari Fraksi PKS. Sebelumnya posisi tersebut oleh Gun Gun Gunawan (Fraksi PKB).

Selanjutnya, rotasi AKD untuk Ketua Bapemperda yang sebelumnya oleh Ajat Sudrajat (Fraksi Golkar), diganti Bambang Prayogi (Fraksi PAN). Sementara Ketua Banggar dan Bamus masih sama diisi langsung Ketua DPRD.

Berikutnya, posisi Badan Kehormatan diisi oleh Rudi Kusdinar (Fraksi Gerindra), Husin Munawar (Fraksi PAN) dan Hasyim dari Fraksi PDIP. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -