Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita CiamisKasus Covid-19 Melonjak, RSUD Ciamis Rawat 25 Pasien Positif Corona

Kasus Covid-19 Melonjak, RSUD Ciamis Rawat 25 Pasien Positif Corona

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kasus Covid-19 mengalami lonjakan pada dua bulan terakhir ini. Saat ini RSUD Ciamis tengah merawat 25 pasien Covid-19 yang bergejala sedang.

“Terhitung hingga saat ini ada 25 pasien yang kami rawat. Semua terkonfirmasi dari Hasil test PCR. Rata-rata pasien mengalami gejala sedang. Ada yang gejala berat sekitar 10 persen,” ujar Kabid Pelayanan Medis RSUD Ciamis Bayu Yudiawan, Senin (7/3/2022).

Bayu menjelaskan, saat kasus Covid-19 mereda, selama 4 bulan lalu RSUD Ciamis kosong pasien positif Covid-19. Terhitung dari bulan Oktober 2021 sampai Januar 2022.

“Namun dari bulan Febuari dan Maret, RSuD Ciamis kembali rawat pasien Covid-19. Ruang untuk perawatan Covid-19 terisi dengan lonjakan yang cukup besar,” kata Bayu.

Bayu menilai, puncak lonjakan Covid-19 terjadi pada bulan Februari 2022 kemarin. Bahkan dalam sehari rumah sakit menerima pasien hingga 32 orang sekaligus.

“Kasus lonjakan Covid-19 terjadi pada bulan Februari. Kita pernah menerima pasien hampir 32 orang dalam satu hari,” katanya.

Bayu menerangkan total kesiapan perawatan RSUD Ciamis untuk pasien terkonfirmasi positif sebanyak 101 tempat tidur. Semua terpisah dari mulai pasien kasus sedang dan berat.

“Ketika ada pasien yang mengarah ke gejala Covid 19 , kita lakukan screening terlebih dahulu kepada pasien. Kemudian melakukan test PCR. Saat keluar hasil pasien positif langsung masuk ke ruang perawatan khusus Covid-19,” ungkapnya.

Bayu pun mengingatkan masyarakat untuk selalu taat protokol kesehatan ketat. Pandemi Covid-19 masih belum berakhir hingga saat ini.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 masyarakat yang hendak ke RSUD Ciamis harus prokes ketat. Menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan hindari kerumunan,” pungkasnya. (Fahmi/R9/HR-Online/Editor-Dadang)