Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruSiapa Penjahat Sebenarnya di Attack On Titan? Ini Jawabannya!

Siapa Penjahat Sebenarnya di Attack On Titan? Ini Jawabannya!

Siapa penjahat sebenarnya di anime Attack On Titan? Banyak fans yang merasa kebingungan terkait hal tersebut. Pasalnya dari awal rilis pada 7 April 2013 lalu, Titan adalah sosok yang menjadi antagonis.

Namun, seiring berjalannya cerita, Titan rupanya bukanlah musuh yang sebenarnya. Justru Titan adalah korban. 

Bagi mereka yang hanya menonton animenya saja tanpa membaca manga-nya, hal ini tentu membuat bingung.

Baca Juga: Kenapa Ymir Memilih Eren AOT untuk Warisi Kekuatan Founding Titan?

Di awal episode, cerita dalam anime Attack On Titan ini seolah ada tiga anak yang bercita-cita melihat laut. Mereka tak bisa melakukannya karena tinggal di dalam tembok besar yang melindungi semua umat manusia dari amukan Titan.

Ketiga anak tersebut bernama Eren Jaeger, Mikasa Ackerman dan Armin Arlert atau biasanya disingkat Trio EMA.

Lantas Siapa Penjahat Sebenarnya di Attack On Titan?

Selama season 1 hingga 3, penjahat dari Anime Attack On Titan adalah kerajaan yang menutupi semua kebenaran mengenai dunia.

Jadi, kerajaan Eldia membuat raja palsu demi menutupi semua kebenaran. Pimpinannya bahkan rela mengorbankan banyak nyawa rakyatnya.

Namun, pasca kudeta, raja palsu berhasil dilengserkan dan bangsawan ditangkap, kebenaran pun akhirnya terungkap.

Titan yang selama ini dianggap sebagai musuh umat manusia ternyata bangsa mereka sendiri. Hanya bangsa Eldia yang bisa menjadi Titan dengan cara mendapat suntikan cairan aneh terlebih dahulu.

Bangsa Marley

Masuk ke Season 4, cerita berkembang sehingga lagi-lagi timbul pertanyaan siapa sebenarnya sosok penjahat dalam anime Attack On Titan?

Dari semula penonton menganggap Titan sebagai penjahat, berubah menjadi Bangsa Marley. Sedangkan Eren adalah sosok pahlawan atau protagonis.

Namun, bangsa Marley ini hancur lebur oleh kekuatan dari Attack Titan milik Eren dan Colossal Titan Armin.

Baca Juga: Nonton Anime di Disney Hotstar, Ini Daftar Judul Paling Seru

Jadi dari empat season ini, sosok antagonis atau penjahatnya selalu berubah-ubah. Karena banyaknya kebenaran yang mulai terungkap.

Begitu juga saat masuk season 4 part 2, sosok penjahatnya kembali berganti. Siapa sebenarnya sosok penjahat di Attack on Titan ini makin bikin bingung.

Hal ini lantaran, antagonisnya berubah dari bangsa Marley menjadi Jaegerist. Kenapa? Alasannya adalah hasil kudeta pada kerajaan lantas dikudeta lagi oleh para pendukung Eren Jaeger. 

Jaegerist mengambil alih militer dan pimpinan politik. Bahkan siapapun yang menentang Jaegerist kemungkinan besar akan kehilangan nyawa.

Jaegerist

Hingga Attack On Titan Season 4 episode 28, Jaegerist menjadi sosok penjahat alias antagonis karena bersikap otoriter dan memaksakan kehendak.

Spoiler alert! Pada akhir episode nanti, Eren melakukan Rumbling yang tujuannya membuat rakyat Eldia yang selama ini tersiksa memiliki kebebasan. Caranya adalah dengan meratakan dunia.

Eren Jaeger

Siapa sebenarnya sosok penjahat di Attack On Titan jika melihat dari sudut pandang dunia luar?

Jawabannya adalah Eren Jaeger. Bagi dunia di luar Pulau Paradise, Eren adalah sosok penjahat dan tak boleh hidup di dunia ini.

Sedangkan apabila kita melihat dari sudut pandang bangsa Eldia, sebaliknya Eren ini adalah sosok pahlawan karena membebaskan mereka dari ketidakberdayaan.

Menariknya, ada juga bangsa Eldia yang menentang apa perbuatan Eren. Karena Eren melakukannya dengan cara yang salah.

Baca Juga: Karakter Anime Lain yang Bisa Kalahkan Founding Titan Eren AOT

Mereka yang menentang antara lain sahabat Eren yaitu Armin, Jean, Connie dan Mikasa. Tak ketinggalan para atasannya yaitu Hange Zoe dan Levi Ackerman.

Para penentang ini akhirnya mendirikan Aliansi untuk menghentikan Rumbling. Hingga akhirnya, Eren terpenggal oleh Mikasa dan dunia sudah rata sekitar 80%.

Pada akhirnya penonton akan tahu apa tujuan Eren melakukan Rumbling. Termasuk juga jawaban dari pertanyaan siapa sebenarnya sosok penjahat di Attack On Titan.

Rupanya Eren dari awal sudah tahu, ia akan tewas demi teman-temannya. Jadi anak dari Grisha ini rela melawan dunia demi teman-temannya dan bangsanya agar bisa mendapat pengakuan dari dunia luar.

Jadi kesimpulannya tidak ada sosok penjahat dalam anime Attack On Titan ini. Mirip dengan anime seperti Death Note dan Code Geass.

Ceritanya seputar kehidupan seseorang yang memiliki niat baik namun dengan cara kekerasan. Bahkan sang karakter utama rela mendapat cap penjahat agar orang yang ia lindungi bisa aman dari kejahatan orang lain.

Siapa sebenarnya penjahat di Attack On Titan? Jawabannya tidak ada, karena semua memiliki niat baik, namun dengan cara yang berbeda. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -