Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita JabarTanah dan Air 27 Daerah di Jabar Disatukan untuk IKN Nusantara

Tanah dan Air 27 Daerah di Jabar Disatukan untuk IKN Nusantara

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan tanah dan air yang bersumber dari 27 daerah untuk Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara kepada Presiden Joko Widodo. Ini sebagai bentuk simbol dukungan terhadap IKN Nusantara.

Tanah dan air itu telah menyatu dalam kendi dan wadah. Selajutnya secara bersama-sama memasukannya ke dalam Kendi Nusantara.

Tak hanya dari Jabar, penyatuan tanah dan air juga dari 33 Provinsi Indonesia. Penyatuan oleh Gubernur masing-masing sesuai kearifan lokal daerah.

Prosesi sakral penyatuan ini dilakukan pada titik nol kilometer lokasi pembangunan IKN Nusantara. Tepatnya Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Senin (14/3/2022).

Ini daftar lokasi pengambilan air dan tanah dari 27 daerah Jawa Barat untuk IKN Nusantara:

Ridwan Kamil menjelaskan tanah dan air untuk IKN Nusantara ini sesuai kearifan lokal. Sehingga lokasinya dari mulai masjid agung, gunung dan tempat lainnya. Dalam kesempatan ini, Ridwan Kamil pun melakukan penanaman pohon Rasamala.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menjelaskan prosesi penyatuan ini adalah tanda mulainya cita-cita besar pembangunan IKN Nusantara. Ini juga merupakan bentuk persatuan dan Kebhinekaan.

“Terima kasih untuk para Gubernur telah menyatukan air dan tanah sebagai bentuk kebhinekaan dalam membangun IKN Nusantara ini,” jelasnya.

Presiden Jokowi pun berharap proses pembangunan IKN ini berjalan sesuai target dan lancar. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -