Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita PangandaranTebing Sepanjang 30 Meter di Sidamulih Pangandaran Longsor Tutup Jalan

Tebing Sepanjang 30 Meter di Sidamulih Pangandaran Longsor Tutup Jalan

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Tebing sepanjang 30 meter di Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, longsor. Material longsoran tanah menutup akses jalan desa.

Peristiwa tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran pada Kamis (17/03/2022) malam.

Salah seorang warga setempat, Asep Kalijati mengatakan, hujan yang terjadi pada malam kemarin memang cukup deras, hingga membuat sepanjang 30 meter dengan ketinggian sekitar 4 meter di Dusun Sukadana, RT. 24, RW 10 longsor.

“Longsoran tebing menutupi badan jalan sepanjang 30 puluh meter. Akibat longsoran tanah tersebut aktivitas warga saat pagi harinya menjadi terganggu. Bagi warga yang hendak beraktifitas terpaksa memutar ke arah jalan lain,” kata Asep, Jumat (18/03/2022).

Baca Juga : Hujan Disertai Angin, BPBD dan Tagana Pangandaran Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Agar jalan bisa dilewati kembali, warga bersama petugas dari desa, Tagana, TNI dan polisi bahu-membahu menyingkirkan material longsoran tanah yang menutupi badan jalan.

“Ya, kita bergotong-royong mengevakuasi longsoran tanah. Karena jika tidak segera menyingkirkannya maka aktivitas warga akan terus terganggu,” ujar Asep.

Sementara itu, Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran, Nana Suryana membenarkan terjadinya peristiwa tebing sepanjang 30 meter yang longsor hingga menutup akses jalan.

Untuk mempercepat proses evakuasi longsor, warga setempat bersama petugas gabungan dari Tagana, TNI dan polisi membersihkan material longsoran tebing yang menutup akses jalan.

“Kami juga sudah menyampaikan peristiwa tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui instansi  terkaitnya,” singkat Nana. (Ntang/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -