Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita TerbaruTemuan Fosil Triceratops Horridus Terlengkap Akan Segera Dipamerkan!

Temuan Fosil Triceratops Horridus Terlengkap Akan Segera Dipamerkan!

Temuan fosil Triceratops Horridus sangatlah lengkap. Bahkan, peneliti menilai bahwa ini merupakan temuan fosil dinosaurus Triceratops terlengkap di dunia.

Dinosaurus yang kita ketahui bukan hanya berupa pemakan daging seperti T-Rex saja. Seperti hewan lain, dinosaurus juga terdiri dari berbagai jenis.

Salah satu jenis dinosaurus pemakan tumbuhan adalah Triceratops. Museum Victoria baru saja akan memamerkan temuan fosil dinosaurus pemakan tumbuhan tersebut dengan kerangka yang cukup lengkap.

Baca Juga : Fosil Reptil Laut Ichthyosaurus Berusia 160 Tahun Direkonstruksi

Temuan Fosil Triceratops Horridus Terlengkap

Fosil dinosaurus pemakan tumbuhan, Triceratops yang mati pada 67 juta tahun lalu menjadi penemuan terpenting dalam ilmu pengetahuan. Tidak seperti temuan kebanyakan, fosil Triceratops satu ini memiliki kerangka yang hampir lengkap.

Bahkan, fosil ini menjadi temuan Triceratops terlengkap di dunia. Fosil Tricera tersebut kemudian ilmuwan beri nama Horridus.

Triceratops Horridus memiliki kerangka lebih dari 85 persen utuh dengan tengkorak dan tulang belakang yang hampir lengkap dan terpelihara dengan baik.

Hal itu membuat fosilnya menjadi sangat ikonik. Mengutip dari Live Science, Kamis (17/3/2022) Horridus termasuk ke dalam herbivora yang menurut perkiraan hidup selama periode kapur. Waktu pastinya sekitar 145 juta hingga 66 juta tahun lalu.

Kelompok Horridus dapat tumbuh hingga ukuran yang mengesankan. Dari fosil yang teridentifikasi, peneliti mengungkap terdapat lebih 260 tulang dengan berat mencapai 1.000 kilogram.

Sedangkan untuk panjang tubuh, Horridus tersebut mencapai 7 meter dengan tinggi lebih dari 2 meter.

Baca Juga : Fosil Guemesia Ochoai Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Argentina

Berada di Museum Victoria

Penemuan fosil Horridus terlengkap ini terjadi pada 2014 di sebuah tanah pribadi yang berlokasi di Montana, Amerika Serikat. Pada tahun 2020, fosil tersebut akhirnya Museum Victoria peroleh.

Museum Victoria sendiri merupakan organisasi Australia yang mengoperasikan tiga museum sekaligus di Melbourne. Pengiriman fosil ke Melbourne pun cukup sulit.

Fosil harus dikirim melalui 8 peti terpisah. Beberapa peti tersebut bahkan seukuran dengan mobil modern.

Akan Dipamerkan untuk Pertama Kalinya

Temuan fosil Triceratops Horridus akan hadir di sebuah pameran bertajuk ‘Triceratops: Fate of the Dinosaurus’ di Museum Melbourne, Australia.

Pameran tersebut sekaligus menjadi pertama kalinya untuk fosil mereka pamerkan secara umum. Sebelum memulai pameran, Museum Melbourne selaku penyusun fosil sudah mengukur, memberikan tabel dan memindai setiap tulang sebelum kerangka tersebut dirakit untuk tampil.

“Fosil Horridus ini terdiri dari ratusan tulang yang termasuk tengkorak lengkap bersama dengan seluruh bagian tulang belakang. Itu akan membantu kita membuka misteri mengenai bagaimana spesies ini hidup 67 juta tahun lalu,” papar Erich Fitzgerald, kurator senior paleontologi vertebrata di Museum Victoria Australia.

Baca Juga : Fosil Reptil Bersayap Pterosaurus di Skotlandia, Berusia 170 Tahun

Peneliti belum dapat memastikan apakah fosil Horridus satu ini jantan atau betina. Namun, banyak hal yang dapat mereka pelajari melalui fosil, mulai dari evolusi, biologi, hingga perilakunya.

Mengutip dari New Atlas, temuan fosil Triceratops Horridus dapat terawetkan dengan baik karena faktor lingkungan yang merupakan hutan rawa rimbun. (R10/HR-Online)

- Advertisment -