Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruTeras Carport Minimalis Menggantikan Fungsi Garasi di Lahan Sempit

Teras Carport Minimalis Menggantikan Fungsi Garasi di Lahan Sempit

Teras carport minimalis merupakan salah satu solusi tepat bagi Anda yang hendak menyediakan ruangan khusus parkir kendaraan. Apalagi jika terkendala dengan luasnya lahan yang terbatas. Maka teras rumah terpaksa harus berbagi dengan lahan untuk carport.

Dengan adanya carport, tentu akan membantu Anda bisa menggantikan posisi garasi. Selain memiliki peran sebagai pelindung kendaraan saat Anda parkirkan di rumah, juga membuat tampilan fasad hunian semakin cantik.

Anda pun bisa membentuk sendiri desain carport sesuai kebutuhan. Hal ini akan membantu menciptakan fasad rumah yang indah. Pastikan Anda lebih teliti dan cermat dalam pembuatannya agar dapat memperoleh hasil optimal.

Bahkan cara untuk menghitung biaya pembuatannya pun harus cermat. Hal ini bisa lebih hemat biaya, namun dengan hasil yang menarik.

Dengan Anda mengetahui cara pembuatan carport yang ideal dan aman merupakan hal utama. Anda bisa ciptakan teras carport minimalis dengan desain menarik. Pastikan Anda juga tahu bagaimana tips pembuatannya agar hemat biaya.

Cara Menciptakan Teras Carport Minimalis Hemat Biaya

Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas dan bingung untuk menyimpan kendaraan saat berada di rumah, bisa gunakan desain carport. Teras carport bisa Anda jadikan solusi yang tepat jika memiliki lahan terbatas untuk pembuatan garasi.

Baca Juga: Model Tiang Teras Batu Alam dengan Segudang Keunggulannya

Namun ternyata dengan adanya carport, tidak hanya berfungsi untuk tempat parkir kendaraan saja. Akan tetapi, Anda bisa fungsikan sebagai area berkumpul yang inspiratif.

Agar bisa menerapkan teras carport yang hemat biaya, sebaiknya gunakan tips berikut ini. Apalagi seiring dengan perkembangan dunia properti, banyak orang yang memilih carport minimalis dibanding garasi.

Selain karena keterbatasan lahan, teras carport juga hemat biaya. Agar bisa menciptakan desain yang optimal, bisa gunakan cara berikut ini.

Hitung Kebutuhan

Salah satu cara penting dalam pembuatan teras carport minimalis yaitu dari segi persiapan lahan. Sebaiknya Anda siapkan lahan kurang lebih sekitar 3 meter.

Namun sebenarnya untuk persiapan lahannya bervariasi, semua bisa disesuaikan dengan selera pemiliknya.

Namun jika Anda memiliki kendaraan beragam, baik sepeda, motor, atau yang lainnya, luas area tentu perlu Anda tambah. Pastikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bahan

Pada langkah selanjutnya dalam pembuatan teras carport minimalis yaitu dari segi material untuk pembuatan. Sebaiknya Anda pilih bahan yang kokoh dan aman untuk digunakan ketika anak-anak bermain.

Baca Juga: Paduan Warna Cat Teras Rumah yang Nyentrik Bikin Tetangga Tertarik

Sebaiknya gunakan material baja ringan sebagai rangka teras rumah minimalis. Namun Anda juga bisa gunakan material lain. Pastikan tetap aman saat melindungi kendaraan dan siapa saja yang berada di bawahnya.

Lantai

Jika sebelumnya memilih material carport, saatnya Anda memilih bahan untuk lantai. Sebaiknya pilih material lantai yang kuat, misalnya batu alam, keramik, cor beton, grass block, dan paving block. Anda bisa memilih penggunaan batu alam agar tampilan fasad terkesan lebih natural.

Tinggi

Ukuran ketinggian juga akan berpengaruh pada teras carport minimalis. Penentuan tingginya harus tepat. Hal ini membantu memudahkan Anda saat memarkirkan kendaraan.

Idealnya untuk ketinggiannya memiliki selisih jalan sekitar 10-15 cm dengan posisi sedikit miring.

Baca Juga: Desain Tiang Teras Bulat Tampilkan Inspirasi Rumah Mewah dan Megah

Namun untuk bagian sudutnya sebaiknya tidak terlalu besar. Cara ini membantu agar mobil tidak terlalu menahan yang bisa berpengaruh pada sistem pengeremannya.

Subgrade yang Stabil

Langkah yang tepat untuk pembuatan teras carport minimalis yaitu pada pembuatan subgrade agar stabil. Landasan harus kokoh dalam pembuatannya. Sebaiknya persiapkan lapisan subgrade terlebih dulu.

Bersihkan dan rapikan area yang akan Anda bangun teras. Selanjutnya bisa padukan dengan mesin pemadat atau biasa disebut dengan stamper.

Cara ini perlu Anda lakukan dengan tujuan teras carport tidak akan mudah retak. Tambahkan subgrade pada bagian atasnya dengan beberapa batu kali berdiameter 20 cm.

Tujuan melakukan hal ini yaitu untuk menghindari tanah naik ke atas dan meningkatkan kepadatan subgrade. Untuk langkah terakhir, Anda bisa hamparkan pasir dengan ketebalan kurang lebih 5 cm.

Jika Anda memiliki ukuran lahan yang sempit dan memiliki kendaraan, carport adalah solusinya. Anda tidak perlu membuat garasi seperti mereka yang memiliki lahan luas.

Anda bisa gunakan desain teras carport minimalis yang bisa menjadi solusi multifungsi. Carport bisa digunakan untuk parkir kendaraan maupun area berkumpul. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)