Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Meninggalkan Mobil Saat Mudik, Aman Hingga Kembali Ke Rumah

Tips Meninggalkan Mobil Saat Mudik, Aman Hingga Kembali Ke Rumah

Pahami tips meninggalkan mobil saat mudik dengan aman. Pastikan menggunakan tips tepat agar Anda merasa tenang. Saat mudik lebaran memang menjadi momen yang dinantikan sebagian besar orang.

Bahkan kini hari tersebut sudah mulai mendekati. Dengan demikian, butuh banyak persiapan menjelang mudik lebaran. Ada yang bisa menggunakan berbagai alternatif alat transportasi.

Sebagian besar memilih menggunakan kendaraan pribadi, namun ada juga yang memilih transportasi umum.

Jika Anda salah satu yang memilih menggunakan transportasi umum meski memiliki mobil sendiri, pastikan bisa meninggalkannya dengan tepat.

Anda bisa meninggalkan mobil kesayangan di rumah dengan aman. Sebenarnya cara ini memang tidak semudah seperti Anda meninggalkan mobil hanya satu hingga dua hari saja.

Karena aktivitas mudik yang cukup lama, sebaiknya Anda menggunakan tips tepat meninggalkan mobil saat mudik. Dengan cara ini, dijamin mobil aman dan Anda tenang untuk meninggalkannya.

Baca Juga: Pompa Ban Mobil Listrik Hadir dengan Berbagai Pilihan, Gunakan Tipsnya

Ketahui Tips Meninggalkan Mobil Saat Mudik dengan Aman

Mudik menjadi kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Tidak hanya pada waktu lebaran saja, namun juga ketika libur panjang.

Meninggalkan mobil kesayangan di rumah saat mudik menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sebab meninggalkan kendaraan dalam waktu lama bukanlah hal yang bisa dianggap sepele.

Apalagi ada beberapa komponen mobil yang perlu perhatian khusus sebelum Anda tinggalkan dalam waktu cukup lama. Hal ini bertujuan agar komponen dalam kondisi baik setelah Anda kembali ke rumah.

Bagi Anda yang hendak mudik dan meninggalkan mobil kesayangan, pastikan mengetahui bagaimana tips yang aman. Berikut ini tips tepat yang bisa Anda lakukan:

Cuci Mobil

Sebelum Anda meninggalkan mobil saat mudik, pastikan kondisinya selalu bersih. Sebaiknya Anda mencucinya terlebih dulu agar kotoran dan noda bisa hilang. Apalagi jika Anda mudik hingga lebih dari 5 hari.

Pastikan tips meninggalkan mobil saat mudik yang satu ini Anda lakukan. Jika mobil kotor dan Anda biarkan saja, mengakibatkan kotoran bisa berubah menjadi jamur.

Agar terhindar dari masalah tersebut, baiknya Anda mencucinya terlebih dulu. Pastikan bagian interior dan eksterior mobil dalam kondisi bersih.

Baca juga: Tips Memilih Selimut Mobil yang Tepat dan Aman untuk Perlindungan

Lepas Aki

Ada tips meninggalkan mobil saat mudik yang selanjutnya yaitu melepaskan aki. Kebiasaan ini memang harus Anda lakukan guna membuat aliran listrik terputus.

Sebab jika tidak Anda lepas, akan mengakibatkan aki kehabisan daya. Apalagi saat ini mobil merek terbaru sudah lengkap dengan berbagai sistem yang menggunakan energi listrik.

Cara ini bisa Anda lakukan jika meninggalkan mobil dalam waktu lebih dari 2 minggu. Jika Anda hanya mudik dalam waktu sebentar, sebaiknya tidak melepasnya.

Jangan Menggunakan Rem Tangan

Saat mudik tentu banyak hal yang perlu Anda perhatikan, termasuk jika Anda ingin meninggalkan mobil di rumah. Sebaiknya hindari menggunakan rem tangan.

Sebenarnya fungsi dari komponen tersebut yaitu untuk menahan mobil agar tidak bergerak. Namun dalam hal ini, sebaiknya Anda menggantinya dengan cara mengganjal ban menggunakan balok kayu.

Cara satu ini mampu menghindari mobil tergelincir dan konsentrasi beban pada dua roda yang Anda ganjal. Sebaiknya ganjal keempat roda untuk membantunya menahan beban secara menyeluruh.

Jika Anda menggunakan pengereman tangan, potensi tromol atau rem belakang menjadi lengket. Hal ini akan menyulitkan Anda ketika menggunakan mobil kembali pulang dari mudik.

Ganjal Wiper dengan Busa

Wiper kaca mobil memang sering pemilik mobil sepelekan. Namun jika Anda biarkan menempel pada kaca dalam jangka waktu yang lama, maka bisa saja mengalami kerusakan.

Wiper akan aus, getas, bahkan mengeras. Untuk itu, ganjal menggunakan busa sebagai tips meninggalkan mobil saat mudik.

Penuhi Tangki Bahan Bakar

Saat hendak mudik, sebaiknya Anda mengisi full tangki bahan bakar. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko terjadinya kondensasi. Sebab jika kosong, mengakibatkan adanya ruang udara dalam tangki.

Kondensasi tersebut bisa memunculkan bulir air dan berpotensi mengontaminasi ruang bahan bakar. Bahkan menimbulkan oksidasi pada tangki bahan bakar yang berbahan metal.

Sebaiknya ikuti tips meninggalkan mobil saat mudik dengan tepat agar kendaraan kesayangan tetap aman dan nyaman saat kembali. (R10/HR Online)