Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita BanjarTradisi Ngukus di Singaperbangsa Kota Banjar Jelang Puasa

Tradisi Ngukus di Singaperbangsa Kota Banjar Jelang Puasa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Menghitung hari memasuki bulan suci ramadan tahun 2022, Disdikbud Kota Banjar, Jawa Barat, bersama para budayawan melakukan acara ngukus.

Acara tersebut dilakukan di Situs Singaperbangsa I, Lingkungan Cikadu, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Rabu (30/3/2022).

Salah seorang tokoh budaya, Abah Ali mengatakan, tradisi ngusuk menjelang ramadan merupakan suatu kebiasaan khususnya di wilayah tatar Galuh.

“Ada tradisi yang luar biasa di wilayah Galuh, khususnya sekarang di Kota Banjar ketika menjelang ramadan melakukan tasyakur bini’mah,” kata tokoh budaya, Abah Ali.

Baca juga: Sambut Puasa, Warga Cibeureum Kota Banjar Ngikis Petilasan Ki Banteng Loreng

Ali menjelaskan, setiap situs budaya yang ada di Kota Banjar, memiliki tradisi masing-masing untuk menyambut masuknya bulan puasa.

“Setiap situs budaya yang tersebar di Kota Banjar memiliki tradisi masing-masing, di antaranya sekarang tradisi ngukus Singaperbangsa I, dalam rangka menjelang ramadan,” jelasnya.

Lebih lanjut Ali menambahkan, berziarah kubur merupakan bagian dari mupusti atau menjaga peninggalan leluhur yang ada di Kota Banjar.

“Juga merupakan pengingat bahwa kita pun akan meninggalkan dunia setelah hidup ini,” tambah dia.

Ali berharap hal itu bisa menjadikan energi positif untuk generasi muda sebagai pendidikan seni dan budaya yang secara turun temurun dilakukan para leluhur. (Sandi/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -