Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruVelg Forged Motor Menjadi Paling Berkualitas dengan Harga Termahal

Velg Forged Motor Menjadi Paling Berkualitas dengan Harga Termahal

Velg forged motor memang tampak berbeda terutama dari segi harganya yang cukup mahal. Bahkan dibanding dengan harga velg pada umumnya.

Velg menjadi salah satu komponen yang memiliki peran penting pada kendaraan. Bahkan komponen yang satu ini memiliki peran penting demi membuat laju kendaraan semakin nyaman dan aman.

Ada banyak komponen kendaraan yang bisa membantu kinerja kendaraan semakin baik. Tidak hanya dari segi mesin saja, namun komponen yang lain juga memiliki peran yang sama.

Velg memiliki peran yang penting, sehingga Anda juga perlu memperhatikannya dengan tepat. Jika kondisinya sudah tidak layak pakai, sebaiknya Anda melakukan penggantian.

Apalagi velg baik motor atau mobil hadir dengan banyak pilihan. Pastikan Anda memilih jenis yang sesuai dengan tipe kendaraan.

Salah satu velg motor yang memiliki harga cukup mahal yaitu forged. Ada banyak alasan mengapa tipe velg yang satu ini memiliki harga lebih mahal dari jenis lainnya.

Baca juga: Tips Memilih Warna Velg Motor, Sesuaikan dengan Cat Bodi Kendaraan

Velg Forged Motor Dibandrol Mahal, Ini Alasannya

Velg kendaraan memiliki banyak teknik produksinya. Salah satunya yaitu forged atau forging yaitu velg tempa.

Velg tipe yang satu ini terbuat melalui proses lebih unggul jika Anda bandingkan dengan tipe lainnya.

Velg forged terbuat dengan teknik tempa, jadi untuk material yang digunakan yaitu alumunium ditekan dengan mesin berbobot 8.000 ton. Sehingga menjadi sebuah velg berkualitas.

Apalagi cara pembuatan velg ini dengan cara press mesin bertekanan tinggi. Hasilnya velg memiliki kebulatan yang jauh lebih baik daripada velg cetakan. Bahkan pembuatan barelnya yang bulat mendekati 100%.

Bahan Velg yang Lebih Ringan

Velg forged motor memang memiliki kualitas terbaik sehingga harganya jauh lebih mahal. Selain proses pembuatannya yang ditempa, masih banyak alasan lainnya.

Bahan dasar dari velg forged biasanya lebih ringan. Adapun beberapa tipe velg forged Rays TE37, CE28, atau Desmond Regamaster Evo. Forged dari bahan alumunium ini juga setara dengan bodi pesawat terbang.

Dengan adanya keunggulan tersebut membuat velg yang satu ini memiliki harga mahal. Teknik pembuatannya juga terbilang lebih ribet, bahkan dalam pengerjaan velg 1 piece menggunakan teknologi mutakhir.

Forging sendiri adalah proses memampatkan daripada billet aluminium solid, caranya dengan penekanan ekstrim. Saat velg ini jadi dari bahan alumunium, bisa sangat padat, lebih kuat, dan ringan.

Baca juga: Cara Membaca Ukuran Velg Motor, Memudahkan Anda Saat Membeli

Velg Forged Cocok untuk Modifikasi

Masyarakat sudah banyak yang tahu jika velg dalam dunia otomotif cukup beragam. Apalagi velg menjadi salah satu komponen untuk modifikasi motor. Sehingga pilihannya cukup beragam.

Salah satu yang cukup para pecinta otomotif minati yaitu velg forged motor. Meski harganya mahal, namun untuk kualitasnya jauh lebih baik.

Tidak sedikit para pemilik sepeda motor yang hendak melakukan modifikasi velg memilih forged daripada tipe lainnya. Selain dari segi kualitas, beban yang diberikan juga cukup ringan.

Proses Paling Rumit

Harga velg forged motor mahal karena proses pembuatannya berbeda dengan tipe lainnya. Velg yang satu ini terbuat dengan teknologi paling rumit tanpa cor. Berbeda dengan tipe lainnya, materialnya berbentuk silinder padat.

Sebenarnya banyak bahan pembuatan velg forged. Namun yang paling banyak dari bahan yaitu alumunium. Cara pembuatannya yaitu bahan alumunium padat masuk ke dalam mesin lalu dipanaskan.

Kemudian bahan tersebut terbentuk menjadi sebuah velg. Velg tertekan atau melalui press sehingga hasilnya keras dan solid.

Velg tipe yang satu ini memiliki bahan 40% lebih kuat dan 15% lebih ringan dari jenis lainnya. Tidak hanya itu saja, velg forged juga memiliki banyak keunggulan.

2 Jenis Velg Motor Lainnya

Selain velg forged motor ada 2 jenis lainnya yaitu casting dan flow form. Jenis yang pertama yaitu velg casting, pembuatannya secara cetak.

Bahan aluminium ini lelehkan, kemudian cetak dan bentuk dengan tambahan bahan lainnya. Sedangkan untuk tipe yang selanjutnya yaitu velg flow form.

Sebenarnya jenis velg ini pengembangan dari velg casting. Cara pembuatannya juga melalui tahapan cetak, tekan dengan roller, dan tarik menggunakan bantuan mesin untuk membuat sebuah velg.

Velg flow form lebih kuat daripada casting. Bahkan velg ini juga cukup populer dan banyak peminatnya untuk pasar otomotif. Hal ini karena kualitasnya cukup kuat dan harganya tidak semahal velg forged motor. (R10/HR Online)

- Advertisment -