Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisVolume Sampah Meningkat, Situwangi Ciamis Butuh Petugas Kebersihan

Volume Sampah Meningkat, Situwangi Ciamis Butuh Petugas Kebersihan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Volume sampah di objek wisata Situwangi, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat meningkat. Hal itu seiring dengan padatnya pengunjung yang datang ke Situwangi. 

Sayangnya sejumlah pengunjung seringkali membuang sampah sembarangan, akibatnya petugas SDA Citanduy yang bertugas di Situwangi  kewalahan.

Iyus Yusman, petugas SDA Citanduy mengatakan, menjelang bulan Ramadhan, setiap harinya objek wisata Situwangi selalu dipadati pengunjung. 

“Rata-rata setiap harinya pengunjung mencapai 300 orang. Sedangkan pada hari libur pengunjung yang datang lebih dari dua kali lipatnya. Bahkan 20 gazebo yang ada terkadang tidak mampu menampungnya,” jelas Iyus, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga: Tak Jadi Ziarah, Bus Bermuatan Santri Terjungkal di Kawali Ciamis

Iyus mengatakan, beberapa pengunjung seringkali membuang sampah sembarangan. Akibatnya volume sampah di sekitar objek wisata Situwangi meningkat. Ia mengaku kerepotan membersihkan sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung. 

“Saya berharap cepat ada yang mengelola (sampah) agar kebersihan di area Situwangi terjaga. Selama tidak ada petugas yang ditunjuk sebagai petugas kebersihan, maka akan selamanya dibuat repot membersihkan sampah,” katanya. 

Menurut Iyus, untuk kenyamanan para pengunjung, lahan parkir dikelola oleh pemuda setempat. Sedangkan untuk petugas kebersihan belum ada yang menanganinya secara khusus. 

“Selain perlu adanya petugas kebersihan yang ditunjuk, juga diharapkan objek wisata Situwangi dilengkapi dengan fasilitas lainnya agar lebih menarik dan alangkah baiknya dibuka floating market biar menambah semarak,” tandasnya. (Edji/R7/HR-Online)

- Advertisment -