Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita BanjarAwas! Ini Titik Rawan Bencana Alam di Jalur Selatan Kota Banjar

Awas! Ini Titik Rawan Bencana Alam di Jalur Selatan Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Para pemudik yang melintas di jalur selatan Kota Banjar, Jawa Barat diimbau harus memperhatikan titik rawan bencana alam. 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Kusnadi mengatakan, ada beberapa titik lokasi yang rawan terjadi bencana alam di jalur lintas selatan. 

“Ada empat titik lokasi rawan bencana alam di jalur lintas selatan ini, diantaranya jalur Nasional Siliwangi, Batulawang, dan jalur provinsi,” kata Kusnadi Kalak BPBD Kota Banjar, Senin (25/4/2022). 

Kusnadi menjelaskan, bencana yang seringkali terjadi di jalur selatan itu adalah pohon tumbang, dan tanah longsor. 

“Bencana yang sering terjadi di sini adalah pohon tumbang, banjir atau genangan air, dan tidak menutup kemungkinan tanah longsor juga,” jelasnya. 

Ia melanjutkan, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihaknya sudah mempersiapkan tim khusus. Tim tersebut terdiri dari PMI, Jaber, dan dibantu dengan fasilitas komunikasi dari Orari serta RAPI. 

“Jadi nanti kalau terjadi bencana alam kita bisa cepat menanganinya karena ada tim khusus,” terangnya. 

Kusnadi menambahkan BPBD Kota Banjar sudah melakukan mitigasi bencana dengan melakukan pemangkasan pohon yang berada di pinggir jalan. 

“Kita terlebih dahulu sudah melakukan mitigasi. Mudah-mudahan tidak terjadi bencana alam supaya para pemudik bisa aman dan lancar di perjalanan,” pungkasnya. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)