Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BisnisBeli Saham GoTo Saat Listing April 2022? Begini Cara Mudahnya!

Beli Saham GoTo Saat Listing April 2022? Begini Cara Mudahnya!

Beli saham GoTo saat Listing sudah tercatat mulai dari Senin, 11 April 2022. Sesaat setelah perdagangan dibuka, saham GOTO mengalami kenaikan harga.

Saham GOTO sendiri merupakan emiten milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Mereka baru saja mencatatkan perusahaannya untuk melakukan listing saham.

Siapa sangka, listing saham mereka memberikan buah berupa kenaikan harga yang cukup signifikan.

Baca Juga: Syarat Saham GoTo dan Cara Beli Melalui Aplikasi Tokopedia

Cara Beli Saham GoTo Saat Listing

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk baru saja mencatatkan saham dari perusahaan mereka ke pasar modal. Itu artinya, saham GOTO akan mulai terbuka untuk umum.

Listing saham yang mereka lakukan membuat GOTO jadi emiten ke-15 yang terdaftar di BEI tahun ini. Pada hari pertama listing, GOTO mencapai kenaikan harga yang cukup signifikan.

Hal itu tentu saja membuat banyak investor tertarik untuk membelinya. Bagi Anda yang masih belum mengerti cara membeli listing saham dari GOTO, tidak perlu khawatir.

Secara umum, membeli saham yang sedang listing memiliki mekanisme yang sama dengan transaksi biasanya. Untuk dapat membeli saham, calon investor wajib memiliki Rekening Dana Nasabah atau RDN.

RDN tersebut dapat Anda daftarkan melalui perusahaan sekuritas, baik secara online atau offline. Jika online, maka Anda harus mendatangi kantor mereka langsung.

Anda dapat melihat daftar perusahaan sekuritas di Indonesia yang melayani transaksi jual beli saham di situs resmi Bursa Efek Indonesia.

Setelah memilih perusahaan sekuritas, kemudian Anda perlu menyediakan dokumen seperti KTP, NPWP (jika ada), buku dan tabungan, serta materai untuk proses registrasi RDN.

Setelah terdaftar, maka investor sudah memiliki akses untuk transaksi jual beli saham pada platform yang sudah sekuritas sediakan. Jika ingin beli saham GoTo saat listing, maka perlu kode saham GOTO dan minimum pembelian 1 lot.

Baca Juga: Cara Beli Saham IPO GoTo dengan 4 Tahapan Mudah

Transaksi Hari Pertama Mencapai Rp 3,7 Triliun

Pada hari pertama melantai di pasar modal Indonesia, perusahaan teknologi dengan kode saham GOTO ini mencatatkan kapitalisasi pasar yang fantastis.

Mereka berhasil mencatatkan market cap hingga Rp 400 triliun di awal keberadaannya pada bursa saham.

Menurut data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), pada penutupan perdagangan hari pertama (11/4/2022), harga saham GOTO melesat 13,2% ke posisi 382 per unit.

Bahkan beberapa saat setelah pembukaan pasar saham GOTO menyentuh di angka RP 416 per unit saham atau naik hingga 23,08.

Hal itu membuat nilai transaksi GOTO menjadi yang terbesar yang tercatat di BEI per 11 April 2022, yakni sebesar Rp 3,67 triliun dengan volume perdagangan 9,4 miliar saham yang ditransaksikan sebanyak 297 ribu kali.

Baca Juga: Jenis Capital Gain Saham, Pengertian dan Rumus Perhitungannya!

Saat ini, kapitalisasi pasar GOTO tercatat sebesar Rp 452 triliun dan berada di peringkat empat besar, di bawah emiten telekomunikasi BUMN PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM).

Sebagai tambahan, perhatikan beberapa aspek terlebih dahulu sebelum memutuskan beli saham GoTo saat listing. Jangan hanya ikut trend, lalu melupakan dasar analisa saham yang ada. (R10/HR-Online)