Kamis, Desember 8, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mematikan Lokasi di iPhone dengan Sederhana, Ikuti Langkahnya

Cara Mematikan Lokasi di iPhone dengan Sederhana, Ikuti Langkahnya

Cara mematikan lokasi di iphone bisa Anda lakukan dengan mudah. Selain bisa mematikan, Anda juga dapat mengaktifkan ketika hendak menggunakannya.

Fitur GPS sudah bisa dinikmati, baik pengguna ponsel Android maupun iOS. Fungsinya yang cukup penting membuat penggunanya dapat mengetahui lokasi perangkat berada.

Bahkan jika Anda aktifkan, maka bisa memberikan akses pada aplikasi yang ada di perangkat tersebut untuk mengetahui lokasinya. Sebenarnya ada pilihan terkait pengaturan aplikasi yang diizinkan untuk mengakses lokasi.

Meski demikian, ada pula cara mematikan lokasi di iphone. Caranya cukup mudah dan sederhana.

Jika Anda pengguna iPhone wajib tahu akan hal ini. Apalagi bagi pengguna pemula, pasti masih bingung akan pengaturan yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Gboard di iPhone dengan Mudah Anti Ribet

Cara Mematikan Lokasi di iPhone dengan Langkah Sederhana

Sebenarnya iPhone hampir sama dengan smartphone lainnya. Hanya saja iPhone memang lebih spesial salah satunya dalam pengaturan GPS.

Sayangnya untuk pengguna iPhone pemula masih merasa bingung dengan beberapa pengaturan di dalamnya. Bahkan termasuk dalam mengaktifkan dan menonaktifkan lokasi.

Jika Anda sebagai pengguna iPhone dan masih bingung akan hal ini, sebaiknya cari tahu. Sebab sewaktu-waktu fitur GPS bisa Anda gunakan untuk membantu mencari lokasi.

Anda bisa melakukan cara tersebut secara sederhana. Pada umumnya untuk mematikan lokasi atau GPS iPhone cukup sederhana. Bahkan hal ini akan mati secara otomatis jika GPS sudah tidak digunakan.

Dengan cara ini mampu, memberikan ketahanan baterai. Sehingga kapasitas baterai bisa bertahan lebih lama. Hal ini juga membantu peretasan tidak mengetahui lokasi Anda.

Selain itu, masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan maupun mematikan GPS iPhone.

Apalagi jika Anda pengguna iPhone pemula pastinya akan merasa terbantu dengan cara sederhana ini.

Baca Juga: Cara Download Lagu di iPhone Melalui Aplikasi Gratis Hingga Berbayar

Menonaktifkan GPS iPhone Melalui Pengaturan

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara mematikan lokasi di iPhone. Langkah tersebut yaitu:

  1. Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yang pertama yaitu buka menu pengaturan pada home screen pada iPhone
  2. Selanjutnya Anda bisa mencari tulisan privacy pada bagian pengaturan
  3. Silahkan klik “location service”
  4. Jika hendak mematikan lokasi iPhone, bisa dengan mematikan “location service”
  5. Langkah terakhir, Anda bisa mematikan lokasi secara menyeluruh dengan menekan tombol on/off yang ada pada bagian atas. Jika tidak bisa mematikan GPS per aplikasi, cara lain dengan menekan on/off pada setiap aplikasi iPhone.

Sebaiknya untuk mematikan lokasi atau GPS Anda wajib memperhatikan jika ada beberapa aplikasi yang berhenti bekerja. Meski demikian, akan ada peringatan jika aplikasi bermasalah.

Peringatan Pop Up

Cara mematikan lokasi di iPhone memang tergolong sederhana. Namun jangan Anda sepelekan. Sebaiknya perhatikan dengan tepat ketika Anda melakukannya.

Biasanya akan ada peringatan yang muncul ketika Anda menekan tombol yaitu pop up. Pop up adalah notifikasi yang menandakan adanya layanan lokasi, dapat dihidupkan dari jarak jauh.

Jika iPhone Anda tempatkan ke mode hilang menggunakan layanan Find My iPhone. Saat pada bagian ini Anda bisa klik matikan.

Setelah Anda melakukan hal ini, maka aplikasi iPhone tidak lagi bisa melacak lokasi.

Namun semua tergantung pada setelan Find My iPhone Anda. Hanya saja untuk pihak Apple sendiri masih bisa melacak lokasi Anda, hanya saja tidak dibagikan.

Baca Juga: Cara Menghapus Data WhatsApp di iPhone yang Mudah dan Aman

Cara Mengizinkan Aplikasi untuk Menggunakan Lokasi Anda

Cara mematikan lokasi di iPhone bisa Anda lakukan sama seperti saat mengaktifkannya. App tertentu bisa saja tidak berfungsi ketika Anda mengaktifkan Layanan Lokasi.

Saat aplikasi itu bermasalah maka pemilik iPhone akan menerima pemberitahuan yang berhubungan dengan permintaan izin. Ada beberapa pilihan antara lain:

  1. Ketuk atau klik minta lain kali agar dapat memilih izinkan sekali, jangan izinkan, atau selalu saat sedang menggunakan aplikasi
  2. Selain itu, ada pilihan jangan izinkan untuk pencegahan akses
  3. Serta izinkan agar App dapat menggunakan semua informasi Layanan Lokasi yang ia perlukan.

Perangkat iOS dan juga iPadOS yang menggunakan WiFi dan Bluetooth, dapat menentukan lokasi Anda. Kemudian lokasi GPS dan juga seluler tersedia pada model iPad serta iPhone dengan WiFi + Cellular.

Cara mematikan lokasi di iPhone tergolong sederhana. Bahkan jika sudah tidak terpakai biasanya akan mati secara otomatis. (R10/HR-Online)