Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Ban Belakang Goyang dan Mengetahui Penyebabnya

Cara Memperbaiki Ban Belakang Goyang dan Mengetahui Penyebabnya

Cara memperbaiki ban belakang goyang pada motor penting Anda ketahui. Sebab, jika kita biarkan begitu saja maka saat berkendara tidak akan terasa nyaman.

Bahkan parahnya lagi jika hal tersebut tidak segera diperbaiki maka bisa menyebabkan kecelakaan.

Terutama pada jenis motor matic, sebab ban belakang yang sudah goyang dapat terjadi karena ada beberapa penyebab. Salah satu penyebab mengapa ban bagian belakang motor sudah mulai bergoyang adalah karena umur pemakaian kendaraan.

Baca Juga: Cara Agar Ban Motor Tetap Awet, Perhatikan Baik-baik!

Cara Memperbaiki Ban Belakang Goyang yang Paling Mudah, Wajib Tahu!

Berbagai macam jenis motor sudah pasti akan memiliki kerusakan yang terkadang membuat pengguna merasa kesal. Baik itu kerusakan kecil maupun kerusakan yang cukup serius, maka kita harus senantiasa merawatnya agar bisa bertahan lebih lama.

Misalnya saja permasalahan ban yang goyang pada kendaraan roda dua seringkali kita jumpai, khususnya pada motor matic.

Ini jangan Anda anggap remeh dan sepele, sebab ban juga akan berkaitan langsung dengan laju motor tersebut.

Itu artinya bahwa para pemilik atau pengguna kendaraan sepeda motor harus senantiasa mengecek bagaimana kondisi engine mounting. Jadi engine mounting ini berguna untuk bantalan, penyambung, dan peredam getaran mesin motor.

Baca Juga: Ganti Ban Motor Sendiri, Begini Tekniknya!

Bearing Roda

Cara memperbaiki ban belakang goyang dan jika penyebabnya karena bearing roda, maka Anda harus mengetahui dulu komponen ini. Sebab bearing roda pada kendaraan roda dua ini berperan sangat penting dalam mengendarai motor.

Pertama, pastikan dulu jika bearingnya telah siap untuk dipasang. Kemudian lepaskan mur dengan kunci lalu tarik AC pada velg. Buka karet penutup dan masukkan obeng ke dalam lubang lalu setelah terlepas bearing yang lama bisa langsung Anda pasangkan lagi dengan yang baru.

Cara memasangnya adalah dengan memukul bagian pinggirnya saja kemudian pasangkan lagi karet penutup dan bosh yang telah Anda lepas. Terakhir jangan sampai lupa untuk meregangkan kampas dan pasang ban motor ke posisi awal.

Baca Juga: Jenis Ban Motor Terbaik dan Berkualitas untuk Berbagai Aktivitas

Perbaiki Velg Motor

Untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki ban belakang goyang, maka Anda juga bisa cek dan perbaiki velg motor. Sebab kerusakan pada bagian velg motor ternyata juga bisa menjadi penyebab mengapa ban jadi bergoyang.

Untuk langkah yang pertama Anda perlu membuka ban dan velg motor terlebih dahulu, lalu ambil dua buah balok kayu. Nah, pada balok kayu yang satu untuk mengganjal dan balok lainnya untuk memukulnya.

Apabila velg tersebut original, maka Anda harus memanaskannya terlebih dahulu agar mudah untuk diluruskan. Hal ini mengingat bahwa velg original memang sangat keras.

Jika sudah, selanjutnya pukul velg motor yang penyok dengan balok kayu sampai lurus kembali. Setelah lurus, Anda bisa langsung memasang lagi velg dan ban motor ke posisi sedia kala.

Cara memperbaiki ban belakang goyang memang tergantung dari apa penyebab yang mendasarinya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -