Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Starter Motor dengan Mengetahui Penyebab Berikut Ini!

Cara Memperbaiki Starter Motor dengan Mengetahui Penyebab Berikut Ini!

Cara memperbaiki starter motor yang rusak memang sangat penting untuk Anda ketahui agar ke depannya bisa memperbaikinya sendiri. Starter sendiri adalah salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting.

Jika yang sering menggunakan elektrik starter tinggal pencet, maka akan menjadi masalah apabila komponen ini rusak, bahkan bisa sangat merepotkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana tips memperbaiki komponen tersebut.

Baca Juga: Cara Mengerem Motor Kopling dengan Aman di Tikungan

Cara Memperbaiki Starter Motor Paling Mudah dan Cepat

Salah satu permasalahan yang sering terjadi bagi pengguna kendaraan roda dua adalah pada bagian starter yang mati atau rusak. Apabila sudah seperti ini, maka tips untuk menghidupkannya adalah dengan engkol atau kick starter.

Namun masih ada beberapa kendaraan sepeda motor yang justru tidak memiliki kick starter atau engkol tersebut. Sehingga cara lain yang harus mereka lakukan adalah dengan cara mendorongnya, tentu ini akan sangat merepotkan.

Sehingga alangkah baiknya jika Anda langsung memperbaiki starter pada motor tersebut. Meski demikian, sebelum melakukannya Anda sudah harus tahu apa gejala dari rusaknya komponen tersebut.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Warna Motor yang Pudar, Mudah Tanpa Biaya Mahal

Memeriksa Rangkaian Starter

Cara memperbaiki starter motor untuk langkah yang pertama kamu bisa melakukan pemeriksaan rangkaian starter. Kamu bisa melihatnya dari kabel yang mungkin saja sudah terputus atau bagian tombol starter yang mulai berkarat.

Tips memeriksanya Anda bisa menggunakan multimeter dan periksalah apakah ada arus listrik yang mengalir atau malah tidak mengalir sama sekali.

Apabila ada kabel yang sudah putus, sebaiknya ganti dengan yang baru atau mungkin menyambungkan lagi kabel yang sudah putus itu.

Periksa Aki

Aki merupakan salah satu komponen yang begitu penting dalam sebuah kendaraan, termasuk motor. Sebab komponen yang satu ini berguna sebagai sumber kelistrikan pada motor dan membuat sistem starter bisa nyala.

Jika sudah rusak, maka cara memperbaiki starter motor bisa Anda lakukan dengan memeriksa komponen tersebut. Sehingga jika tombol starter dipencet, namun motor tidak bersuara, maka Anda harus memeriksa bagian baterai tersebut.

Baca Juga: Cara Membersihkan Spul Motor yang Paling Mudah dengan Alat-Alat Ini

Memeriksa Relay Starter

Pada dasarnya komponen yang satu ini berguna sebagai saklar elektromagnetik yang berfungsi untuk meneruskan dan memutuskan aliran listrik.

Sehingga cara untuk mengeceknya adalah dengan menyambung dua kabel ke baterai min dan plus.

Apabila Anda mendengarkan suara cetak-cetak, itu artinya masih dalam kondisi normal. Akan tetapi jika sudah tidak ada suara lagi, mungkin saja bendik mengalami kerusakan alias mati.

Jika sudah seperti ini, maka komponen itu sudah tidak dapat Anda perbaiki lagi sehingga harus menggantinya dengan yang baru.

Beberapa cara memperbaiki starter motor sebenarnya cukup mudah, namun tidak semua orang juga bisa melakukannya sendiri. Jika Anda adalah salah satunya, maka bisa membawa motor tersebut ke tukang bengkel terdekat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -