Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Velg Mobil Bocor Menggunakan Beberapa Metode Ini

Cara Mengatasi Velg Mobil Bocor Menggunakan Beberapa Metode Ini

Cara mengatasi velg mobil bocor sangat penting Anda ketahui, supaya saat masalah itu terjadi secara mendadak, Anda bisa melakukannya. Kebocoran seperti ini memang seringkali terjadi, terutama kendaraan roda empat.

Apalagi saat kebocorannya terjadi di jalanan dan Anda tidak bisa menemukan bengkel terdekat di sekitar sana.

Sehingga salah satu caranya adalah dengan mengatasinya sendiri. Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana langkah-langkahnya itu.

Baca Juga: Ukuran Velg Mobil Bervariasi, Simak Cara Membaca Sebelum Beli

Cara Mengatasi Velg Mobil Bocor yang Cukup Mudah dan Simple

Jika berbicara soal ban yang bocor, maka ada banyak sekali penyebabnya, baik itu yang menggunakan ban dalam maupun tidak. Ban tubles juga bisa mengalami kebocoran akibat terkena benda-benda tajam maupun bagian pelek yang sudah bocor.

Pasalnya kebocoran ban tubles yang terjadi di peleknya, juga membuat para penggunanya merasa jengkel. Sebab, kebocoran seperti ini memang sangat halus sehingga cukup sulit untuk terdeteksi, hingga tiba-tiba ban kehilangan angin.

Jika kebenarannya terjadi di bagian ban, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan menambal ban dengan serat karet atau kompon tubles.

Lantas, bagaimana jika yang bocor itu di bagian peleknya? Apakah cara mengatasinya juga sama?

Baca Juga: Ganti Velg Mobil, Inilah Tips Tepat Sebelum Melakukan Penggantian

Penyebab

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi velg mobil bocor, ada baiknya jika Anda mengetahui apa penyebabnya. Biasanya kebocoran pada bagian pelek ini karena adanya kotoran atau mungkin bagian cat yang sudah mengelupas.

Apabila kebocoran pelek karena kotoran, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan debu atau kotoran itu. Akan tetapi apabila kebocoran karena pelek yang tidak rata lagi atau cat yang mengelupas, maka caranya cukup berbeda.

Namun jika belum tahu penyebab kebocoran di bagian ban tubles, maka tips pertama adalah dengan mencari bagian yang mengalami kebocoran.

Cara Mengatasi

Cara mengatasi velg mobil bocor ini adalah dengan merimbang ban kendaraan tersebut pada bak perimbang. Jika sudah dirimbang tetapi belum menemukan bagian yang mengalami kebocoran, kemungkinan itu bocor pada bagian peleknya.

Sebab jika terjadi kebocoran pada bagian pelek, maka bocornya akan sulit terlihat karena sangat halus dan kecil. Sehingga untuk mengetahui bagian pelek itu bocor, maka Anda bisa menggunakan air sabun.

Sebelumnya tambah dulu tekanan pada ban itu, lalu beri air sabun dengan kuas di bagian pelek beberapa menit. Jika sudah pasti bahwa pelek bocor, kemudian copot ban luar dari pelek tersebut.

Baca Juga: Merawat Velg Mobil Agar Tetap Bersih dan Mengkilap

Cari tahu juga apakah yang menyebabkan kebocoran itu, jika penyebabnya adalah kotoran, cukup bersihkan kotorannya saja dengan sabun. Jika bocor karena pelek tidak rata, maka bersihkan pelek dengan amplas yang kasar.

Cara mengatasi velg mobil bocor dengan mengamplas, maka harus benar-benar rata dan secara menyeluruh. Terakhir tinggal bersihkan pelek itu dan cuci sampai bersih lalu jemur sampai kering. (R10/HR-Online)

- Advertisment -