Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Mengembalikan Akun Fb yang Dinonaktifkan, Simak di Sini!

Cara Mengembalikan Akun Fb yang Dinonaktifkan, Simak di Sini!

Cara mengembalikan akun Fb yang dinonaktifkan sangat mudah bagi semua pengguna untuk melakukannya. Tak jarang, beberapa pengguna Facebook merasa kesal ketika mengetahui akunnya tidak aktif.

Padahal, akun Facebook sudah memiliki banyak pengikut. Bahkan, tak jarang pula akun Facebook tersebut pengguna manfaatkan untuk ajang promosi.

Facebook tidak hanya sebatas aplikasi chatting atau media sosial saja. Melainkan, memiliki banyak fungsi yang memudahkan penggunaannya.

Misalnya saja membangun popularitas, menyimpan berbagai data penting, maupun yang lainnya.

Ketika akun Facebook tidak aktif, maka akan muncul notifikasi, bahkan pihak Facebook telah melakukan pemblokiran. Jika sudah demikian, pengguna tidak dapat menggunakan akun Facebook lamanya.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Obrolan Facebook, Pahami Langkah Mudahnya!

Cara Mengembalikan Akun Fb yang Dinonaktifkan dan Syarat-syaratnya

Daripada harus membuat akun Facebook baru, Anda bisa mengaktifkannya kembali.

Sebelumnya, terdapat beberapa syarat yang harus Anda persiapan terlebih dahulu. Syarat-syarat tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki kartu identitas (KTP, Kartu Pelajar, SIM, Passport, ataupun kartu identitas lainnya)
  2. Nomor Handphone dan email
  3. Smartphone (Android maupun iOS) atau laptop
  4. Jaringan internet yang stabil

Baca Juga: Login Facebook Tanpa Kode, Simak Caranya di Sini!

Cara Mengembalikan Akun Fb yang Dinonaktifkan

Setelah semua persyaratan sudah siap, Anda bisa simak berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, silahkan Anda buka aplikasi browser terlebih dahulu. Bisa melalui laptop atau PC, Android, maupun iPhone.
  2. Setelah itu, silahkan Anda kunjungi situs pusat bantuan Facebook.
  3. Jika sudah, Anda akan menemukan beberapa kolom. Tugas Anda selanjutnya adalah mengisi kolom tersebut. Misalnya mencantumkan alamat email hingga nomor handphone.
  4. Jangan lupa untuk memasukkan nama lengkap Anda sesuai dengan akun Fb yang terblokir.
  5. Langkah selanjutnya, silahkan masukkan foto kartu identitas Anda. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu foto yang akan Anda masukkan jelas dan tidak blur.
  6. Bila sudah, terakhir klik tombol kirim.

Pihak Facebook tidak akan langsung memberikan respon. Akan tetapi, Anda harus menunggu email dari Facebook kurang lebih 2 hingga 3 jam.

Bila pengajuan mendapatkan persetujuan dari Facebook, Anda akan mendapatkan link pemulihan melalui email. Setelah itu, akun Facebook bisa aktif kembali.

Baca Juga: Cara Membuka Blokiran Facebook Terbaru, Simak Langkah Mudahnya!

Penyebab Akun Fb Terblokir

Akun Facebook yang terblokir ini bukan tanpa alasan. Pihak Facebook menemukan beberapa pelanggaran yang menyebabkan akun Fb Anda harus terblokir.

Misalnya, sengaja atau tanpa sengaja menyebarkan hal-hal yang pihak Facebook larang. Seperti berita hoax, konten kekerasan, fitnah, dan sebagainya.

Penyebab lainnya yakni menggunakan data palsu, tidak menggunakan identitas sendiri atau menyamarkan sebagai tokoh tertentu. Melakukan aksi spam dan melakukan hal-hal yang menyimpang juga dapat menjadi penyebabnya.

Maka dari itulah, sebelum Anda menggunakan cara mengembalikan akun Fb yang dinonaktifkan seperti di atas, pastikan terlebih dahulu penggunaannya. Jika benar karena penyebab-penyebab tersebut, tentunya jangan mengulangi kesalahan yang sama. Sehingga akun Facebook tetap aman. (R10/HR-Online)