Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Menggunakan NFC di HP dan Laptop dengan Aman dan Mudah

Cara Menggunakan NFC di HP dan Laptop dengan Aman dan Mudah

Cara menggunakan NFC di HP Android cukup mudah. Dengan cara ini Anda bisa menghubungkan dua perangkat dengan cara mendekatkannya.

NFC atau singkatan dari Near Field Communication merupakan salah satu fitur yang ada di Android. Saat ini fitur pada smartphone sudah semakin canggih dan modern.

Salah satu yang cukup menarik yaitu fitur NFC. Saat ini HP dengan fitur NFC sudah banyak beredar. Pada umumnya smartphone yang memiliki fitur NFC adalah kelas menengah sampai flagship.

Pada HP kelas menengah belum semuanya memiliki fitur ini. Namun untuk HP kelas flagship semuanya sudah memilikinya.

Cara menggunakan NFC di HP membantu dua perangkat dengan cara menyinggungkan dengan jarak tidak berjauhan.

Biasanya kedua perangkat memiliki jarak beberapa sentimeter saja. Anda bisa melakukan transfer berupa gambar, kontak, dan video bagi ponsel yang memiliki fitur NFC.

Cara kerjanya memang mirip dengan Bluetooth. Hanya saja fitur NFC lebih lancar dan terbebas dari gangguan.

Baca Juga: NFC iPhone Tidak Berfungsi, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

Cara Menggunakan NFC di HP Android dengan Mudah

Saat ini perangkat smartphone sudah hadir dengan berbagai rekomendasi fitur canggih dan menarik. Selain dari segi tampilannya, Anda bisa mendapatkan banyak keunggulan dari HP berbagai perusahaan.

Bahkan kini produk smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Cara untuk menggunakan fitur ini pun terbilang cukup sederhana.

Cara kerjanya yaitu dengan mengirimkan atau menerima data melalui gelombang radio.

Bedanya dengan Bluetooth yaitu menggunakan induksi elektromagnetik. Jika ponsel Anda sudah memiliki fitur NFC sebaiknya aktifkan dan gunakan cara tepat untuk membuatnya berfungsi dengan optimal.

Baca Juga: Manfaat NFC pada HP Oppo, Kirim File Sampai Pambayaran Digital

Mengaktifkan NFC di Android

Cara menggunakan NFC di HP tergolong mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu. Adapun langkah mudah yang perlu Anda lakukan yaitu:

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Selanjutnya bisa lanjutkan pada pilihan konektivitas
  3. Pada bagian tersebut Anda akan menemukan fitur NFC dan aktifkan dengan cara menggeser ke posisi ON
  4. Jika tidak Anda bisa gunakan cara mudah untuk mengaktifkan fitur NFC, swipe layar ke arah bawah
  5. Cari menu NFC
  6. Tap menu untuk mengaktifkan fitur NFC.

Cara menggunakan  NFC di HP tergantung dengan perusahaan masing-masing. Semua tergantung pada tampilan atau letak menu smartphone itu sendiri.

Cara Menggunakan NFC Sesuai dengan Fungsinya

Saat Anda sudah mengaktifkan fitur NFC di HP maka tinggal menggunakannya. Cara menggunakan NFC di HP bisa berdasarkan fungsinya sendiri.

Sebagai Pembayaran Cashless

Ternyata fitur NFC di HP tergolong fungsional. Salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakannya sebagai pembayaran cashless.

Anda cukup menempelkan HP pada alat pembayaran khusus yang biasanya sudah tersedia pada tempat pembayaran. Fitur ini menjadi teknologi berbasis modern.

Baca Juga:

Menyambungkan Dua Perangkat

Seperti yang sudah dilakukan sejak awal jika cara menggunakan NFC di HP bisa disesuaikan dengan fungsinya. Apalagi mengingat fungsi dari fitur ini cukup beragam.

Salah satunya yaitu dengan menyambungkan smartphone pada perangkat lain. Mengirim dan menerima informasi adalah fungsi utama dari fitur yang satu ini.

Anda tidak perlu menggunakan koneksi WiFi maupun LTE. Tempelkan dua perangkat yang sama-sama memiliki fitur tersebut.

Mempermudah Akses Informasi Smart Card

Fungsi dari NFC yang cukup populer yaitu mengenai akses smart card. Dengan fitur yang satu ini akan mempermudah Anda untuk mengecek dan mengisi saldo smart card.

Misalnya e-Money, e-Toll, dan yang lainnya. Cara menggunakannya juga jauh lebih mudah. Anda bisa tempelkan kartu pada bagian belakang HP.

Membuka Kamar Pintu Hotel maupun Mobil

Selain beberapa pilihan fungsi sebelumnya, menggunakan NFC bisa untuk membuka pintu hotel maupun mobil. Perkembangan dunia otomotif memiliki banyak kemajuan.

Bahkan termasuk pada fitur NFC. Cara menggunakan NFC di HP yaitu aktifkan fitur FC, selanjutnya dekatkan dengan HP yang dilengkapi oleh tap membuka pintu mobil atau kamar. Cara ini cukup praktis dan pastinya lebih aman.

Baca Juga: Mengaktifkan Fitur NFC, Berikut Ini Cara Mudahnya!

Menjalankan Tugas Khusus

Sebenarnya dengan adanya fitur ini membantu Anda lebih mudah. Salah satu fungsinya yaitu dengan mengetahui kondisi seseorang. Jika perannya cukup penting, namun Anda harus bisa memilihnya.

Misalnya saja ketika hendak membutuhkan sesuatu, Anda cukup menempelkan smartphone pada stiker atau tag yang terpasang sebelumnya. Sehingga cara menggunakan NFC di HP bisa berjalan dengan mudah. (R10/HR-Online)