Kamis, Desember 1, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Menghentikan Refresh Otomatis Twitter, Timeline Terhambat Simak!

Cara Menghentikan Refresh Otomatis Twitter, Timeline Terhambat Simak!

Cara menghentikan Refresh Otomatis Twitter banyak dipertanyakan oleh para pengguna. Hal ini setelah muncul banyak keluhan fitur aplikasi Twitter yang dapat refresh otomatis pada timeline dalam beberapa waktu terakhir.

Timeline menjadi merefresh secara otomatis atau kembali ke tweet paling atas ketika pengguna klik tombol back, setelah menyaksikan sebuah konten tweet.

Kondisi ini dapat terjadi pada aplikasi Twitter versi 9.26.0-release.o yang tersedia untuk perangkat Android di Google Play Store serta versi 8.1 untuk perangkat iPhone. Ini berlangsung sejak pertengahan Januari 2022 lalu.

Baca Juga: Fitur Auto Refresh Twitter Akhirnya Dihapus dari Linimasa, Ini Alasannya!

Bagaimana Cara Menghentikan Refresh Otomatis Twitter?

Awalnya, banyak pengguna yang mengira bahwa masalah tersebut merupakan bug yang menimpa pengguna tertentu.

Akan tetapi, dengan semakin banyaknya warganet Indonesia serta luar negeri yang mengeluh timeline auto refresh, setelah mereka memencet tombol back.

Adanya gangguan tersebut menyebabkan tampilan layar langsung meluncur ke twit paling atas thread atau timeline. Mulanya pengguna membuka konten teks, video, atau foto.

Bahkan terdapat sebuah tweet yang sedang terlihat, tiba-tiba terhapus karena timeline mengalami auto refresh. Oleh karena itu, sangat penting memahami tentang cara menghentikan refresh otomatis Twitter ini.

Masalah ini muncul kemungkinan berasal dari fitur seamless Twitter. Fitur ini hadir untuk menampilkan tweet yang belum sempat terbaca di timeline paling atas, tanpa menghilangkan urutan tweet yang telah terbaca.

Gangguan tersebut tentu membuat para pengguna yang berdampak merasa kurang nyaman. Pasalnya, mereka perlu mencari kembali twit atau melakukan scroll ulang thread yang sedang mereka baca, karena gangguan auto refresh.

Dengan adanya keluhan terkait dengan adanya bug yang menghambat proses refresh timeline. Maka Twitter pun berusaha memberikan solusi terhadap masalah tersebut.

Baca Juga: Hapus Follower Twitter Tanpa Blokir Anti Ketahuan, Ini Caranya

Simak Cara Menghentikan Refresh Otomatis Twitter di Android

Berikut ini langkah untuk menghentikan refresh otomatis Twitter yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Langkah pertama cari opsi “Pengaturan” serta “Privasi atau Setting & Privacy”.
  2. Selanjutnya pilih Aksesibilitas, tampilan, Bahasa atau Accessibility, Display, and Language
  3. Silahkan pilih Aksesibilitas atau Aksesibilitas.
  4. Lalu Anda dapat pilih Kurangi Gerakan atau Reduce Motion, silahkan hapus centang pada kotak untuk menonaktifkan yakni fitur gulir otomatis.
  5. Namun demikian, Anda masih bisa untuk melihat pemberitahuan pada aplikasi tersebut yang memberi tahu jika terdapat tweet baru tepat di bagian atas, yang bisa pengguna baca. Namun ini tidak memastikan Twitter berhenti menggulir umpan secara otomatis.

Baca Juga: Keunggulan Fitur Super Follow Twitter

Cara Menghentikan Refresh Otomatis Twitter di iPhone

Keluhan para pengguna Twitter terkait gangguan auto refresh pada timeline mereka tidak hanya pengguna Android alami. Hal ini juga terjadi pada perangkat iPhone besutan Apple.

Untuk mengatasi masalah ini, Twitter telah memperbaiki masalah tersebut melalui aplikasi versi 8.1.5 yang mereka bagikan di App Store.

Apabila Anda pengguna iPhone masih menggunakan Twitter versi 8.1, maka sebaiknya segera menginstal versi terbaru tersebut.

Pengumuman ini telah Twitter sampaikan melalui akun resminya. Harapannya, dengan update ke versi 8.1.5 para pengguna tidak akan lagi mengalami masalah refresh timeline.

Melalui cara menghentikan refresh otomatis Twitter di atas, maka Anda tidak akan mengalami adanya hambatan proses refresh di timeline. Sehingga membaca twit pun akan lebih nyaman. (R10/HR-Online)