Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Merawat Mobil Hybrid Wajib Anda Simak Agar Tidak Cepat Rusak!

Cara Merawat Mobil Hybrid Wajib Anda Simak Agar Tidak Cepat Rusak!

Cara merawat mobil hybrid sebenarnya sama seperti saat merawat mobil bensin. Akan tetapi banyak yang beranggapan bahwa caranya lebih sulit.

Padahal merawat mobil hybrid sendiri tidak sesulit apa yang kita bayangkan sebelumnya.

Memang ada banyak perbedaan antara mobil bensin dan mobil hybrid yang penting untuk Anda ketahui. Nah, daripada Anda bingung bagaimana tips perawatannya, maka bisa menyimak uraian berikut ini.

Baca Juga: Cara Merawat Kopling Mobil Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Cara Merawat Mobil Hybrid yang Paling Mudah, Anda Wajib Tahu Ini!

Mesin pada mobil hybrid pada dasarnya akan bekerja pada dua bahkan lebih sumber bahan bakarnya. Salah satunya dengan sistem pembakaran berbasis, kemudian yang lainnya adalah berbasis listrik.

Untuk pembakaran berbasis satu akan melibatkan solar atau bensin. Meski demikian, sebagian besar kendaraan seperti ini juga akan tergantung pada sumber tenaga listriknya dalam melalui jarak tempuh yang baik.

Dalam kasus mobil listrik, maka pemeliharaannya cukup sedikit. Akan tetapi dalam mobil hybrid, maka mesin merupakan kombinasi dari bahan bakar biasa dan listrik.

Sehingga tidak lebih membutuhkan apa yang ada di dalam mesin tersebut. Lalu bagaimana cara merawatnya?

Baca Juga: Cara Tune Up Mobil Sendiri, dengan Langkah Mudah Tanpa Biaya Mahal

Memeriksa Baterai

Cara merawat mobil hybrid untuk tips yang pertama adalah dengan selalu rajin memeriksa baterainya. Baterai sendiri merupakan bagian terpenting, sebab ini menjadi sistem kelistrikan yang berperan sangat penting.

Sehingga memeriksa kondisi baterai secara teratur merupakan pilihan tepat, supaya sistem kelistrikan selalu terjaga. Tidak hanya itu saja, mengganti air baterai secara rutin juga perlu Anda lakukan supaya baterai tetap bertahan lebih lama dan awet.

Memeriksa Komponen

Pada dasarnya komponen pada mobil hybrid ini juga hampir sama seperti mobil bermesin bensin pada umumnya. Sehingga Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian sasis, engine, dan electrical.

Untuk cara merawat mobil hybrid ini, maka Anda harus mengecek saringan dan juga cairan pendingin per 40.000 km. Selain itu juga harus mengecek inverter secara teratur. Sebab inverter ini berguna untuk mengubah tenaga baterai agar jadi tenaga penggeraknya.

Baca Juga: Tanda Rem Mobil Masuk Angin dan Mengatasinya dengan Teknik Bleeding

Jangan Mencuci dengan Sembarangan

Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah saat akan mencuci mobil hybrid pada bagian mesin. Sebaiknya berhati-hatilah ketika mencuci mobil jenis ini, supaya komponennya tidak mudah rusak.

Sebab jika mencuci mesin mobil hybrid secara sembarangan, justru bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesinnya. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik mobil tersebut cukup membersihkan mesin dengan cara mengelapnya saja.

Tidak hanya itu saja, Anda juga tidak boleh mencuci pada bagian kolongnya. Supaya bisa menghindari kerusakan bagian komponen yang membuat baterai menjadi bermasalah.

Apabila Anda tidak bisa merawatnya secara maksimal, maka bisa membawanya ke tukang bengkel.

Namun jika Anda mampu sendiri, maka beberapa cara merawat mobil hybrid seperti tips tadi bisa langsung Anda praktekkan. (R10/HR-Online)