Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Update Android 12 yang Paling Mudah, Simak Beberapa Tutorialnya!

Cara Update Android 12 yang Paling Mudah, Simak Beberapa Tutorialnya!

Cara update Android 12 sangat mudah, hanya saja ada sebagian besar orang yang justru belum tahu bagaimana langkah tepat untuk melakukannya.

Padahal update ini dilakukan secara serentak setiap kali jenis HP yang telah dijadwalkan oleh merek smartphone itu sendiri.

Bahkan semakin lama pembuatan ponsel itu pun juga memungkinkan bahwa untuk mendapatkan update juga semakin kecil.

Tentunya bagi para pengguna ponsel Android, wajib mengetahui jika jatah update ponsel maksimal hanya 3 kali kesempatan saja.

Baca Juga: Cara Share Lokasi Lewat WA Android yang Aman, Mudah, dan Akurat

Cara Update Android 12 Termudah, Para Pemula Wajib Menyimak Ini!

Setelah berhasil sukses dengan Android 11, akhirnya Google pun kembali menghadirkan sistem operasi terbarunya dengan mengalami peningkatan.

Android 12 namanya, ini awalnya hanya tersedia pada HP Pixel milik Google saja, tetapi secara perlahan sistem operasi ini justru malah hadir di sejumlah merek ponsel.

Artinya, bahwa sistem operasi terbaru ini telah berhasil rilis untuk semua pengguna sejak bulan Oktober tahun 2021 lalu. Meski demikian, dulunya hanya tersedia secara bertahap saja, termasuk HP Samsung pada bulan November 2021.

Selain itu, sistem operasi Android 12 ini pun juga berhasil mendapatkan pembaruan yang menjadi update terbesar dalam beberapa tahun belakangan.

Hal ini dilakukan guna memberi kemudahan bagi para pengguna, khususnya Android melalui fitur terbaru itu.

Betapa tidak, ternyata ada banyak fitur baru dan mengalami perubahan secara signifikan daripada generasi sebelumnya itu.

Nah, bagi Anda yang akan mengupdate ke versi sistem Android lebih tinggi, maka bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Mode Game di Android Mudah, Permainan Lebih Seru!

Melakukan Update Melalui Firmware

Cara update Android 12 untuk langkah yang pertama adalah dengan melalui Firmware alias dengan download file update sendiri.

Meski demikian, pastikan bahwa Anda sudah mendownload Firmware yang benar dan sesuai dengan versi ponsel Anda.

Hal ini mengingat karena ada beberapa produsen smartphone uang yang telah menyediakan Firmware untuk uji coba alias versi beta. Untuk melakukan ini juga tergolong cukup mudah, pertama-tama Anda langsung download dahulu file Firmware untuk ponsel Anda.

Langkah selanjutnya adalah pindahkan ke memori internal HP, kemudian buka menu Settings lalu melanjutkan lagi ke menu About Phone. Carilah opsi update from file atau juga bisa choose update package.

Jika sudah maka arahkan saja ke file Firmware yang sudah Anda unduh tadi, jangan lupa untuk mengikuti konformasi untuk restart.

Terakhir tinggal pilih OK dan ponsel Anda akan langsung restart dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Update Secara Otomatis

Ini merupakan salah satu cara update Android 12 yang paling mudah dengan menunggu hingga HP mendapat kiriman pembaruan sistem operasinya.

Sehingga update otomatis ini bisa Anda lakukan pada bagian menu Pengaturan pada HP Android Anda.

Tidak hanya itu saja, melainkan apabila sudah ada pembaruan nantinya juga bisa muncul pada bagian notifikasi. Kemudian Anda bisa langsung klik notifikasi pembaruan tersebut dan download pembaruannya untuk meningkatkan versi Android.

Langkah yang pertama adalah dengan masuk ke menu Pengaturan atau Settings pada HP Android Anda. Jika sudah masuk ke menu About Phone dan pilih Pembaruan apabila tersedia.

Nah, secara otomatis maka ponsel akan langsung melakukan pembaruan versi Android 12 dan tunggu sampai prosesnya selesai. Apabila sudah berhasil, jangan lupa untuk memeriksa sistem Android terbaru yang seharusnya telah menjadi Android 12.

Baca Juga: Cara Memotong Video di Android Tanpa Maupun dengan Aplikasi

Sebelum Update, Jangan Lupa Lakukan Ini!

Jika Anda sudah menyimak tentang bagaimana cara update Android 12, maka sebelumnya Anda juga harus mengetahui beberapa hal. Itu artinya bahwa ada beberapa hal yang wajib Anda siapkan dulu sebelum melakukan update sistem Android.

Sebab proses booting ketika update Android akan memakan waktu cukup lama dan membuat Anda harus mengisi daya hingga penuh.

Jangan sampai saat melakukan update ketika kondisi baterainya berada di bawah 50% karena bisa menyebabkan bootloop.

Tidak hanya itu saja, melainkan ada beberapa alasan yang wajib Anda ketahui sebelum akan melakukan update versi Android yang lebih tinggi.

Usahakan bahwa ponsel tidak sedang dalam kondisi terlalu panas dan baterainya harus full.

Jangan melakukan update ketika mengisi daya dan pastikan bahwa ruang penyimpanan terdapat free space yang cukup. Hal-hal seperti ini wajib Anda perhatikan ketika memutuskan untuk melakukan pembaruan sistem operasi Android.

Mengingat seringkali terjadi kasus bootloop Android karena HP mendadak mati ketika melakukan pembaruan sistem operasinya. Sehingga sebelum melakukan cara update Android 12, hal penting tersebut wajib Anda pahami dahulu. (R10/HR-Online)