Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruCiri Alternator Mobil Lemah Coba Mengenali dengan Munculnya Tanda Ini

Ciri Alternator Mobil Lemah Coba Mengenali dengan Munculnya Tanda Ini

Ciri alternator mobil lemah bisa tampak dari kondisi kendaraan saat digunakan.

Ada baiknya untuk mengetahuinya sejak awal. Sehingga bisa membantu Anda segera untuk mengatasinya.

Alternator atau biasa dikenal dengan dinamo ampere memang menjadi salah satu komponen kendaraan yang cukup vital. Komponen ini mampu bekerja untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Keduanya diubah menjadi bentuk arus bolak-balik. Hasil energi berfungsi untuk mengisi ulang baterai atau ACCU.

Semua komponen kendaraan tentu memiliki perannya masing-masing.

Bahkan jika ada salah satu yang bermasalah mengakibatkan komponen lain tidak dapat bekerja secara maksimal. Seperti halnya alternator yang berperan untuk membantu kinerja kelistrikan kendaraan.

Sebab, hampir semua komponen kelistrikan dan mesin membutuhkan alternator. Misalnya dari komponen sistem injeksi bahan bakar, lampu, wiper, power steering, dan kipas pendingin mesin.

Alternator bekerja untuk membantu menggerakkan semua sistem tersebut. Sehingga mampu meminimalkan fungsi baterai. Jika alternator rusak atau melemah, mengakibatkan baterai kendaraan hanya bertahan 30 menit saja.

Jika tenaga baterai habis, beberapa komponen yang membutuhkan sistem kelistrikan tidak akan mendapatkan energi.

Bahkan bisa-bisa kendaraan mogok. Untuk itu, dengan Anda tahu ciri alternator mobil lemah, akan membantu bisa segera untuk mengatasinya.

Baca Juga: Mencegah Kabel Mobil Digigit Tikus Agar Bisa Bertahan Lama dan Awet

Mengenali Ciri Alternator Mobil Lemah

Alternator mobil menjadi salah satu komponen yang memiliki peran cukup penting. Sehingga komponen ini tidak bisa lepas dari perhatian Anda.

Sayangnya, pemilik mobil hanya sering memperhatikan aki bukan alternator.

Padahal masing-masing komponen mobil memiliki fungsi yang saling terkait. Sebagai contoh aki mobil akan bekerja maksimal jika kondisi alternator baik.

Untuk itu, memberikan perawatan pada setiap komponen wajib Anda lakukan. Bahkan karena peran alternator cukup vital, kenali ciri-cirinya ketika mengalami kerusakan.

Berikut ini ada beberapa informasi jika alternator melemah.

Lampu Sorot Redup

Sebenarnya lampu sorot yang meredup tidak hanya sebagai salah satu ciri alternator mobil lemah. Ada beberapa indikasi kerusakan yang terjadi jika lampu sorot redup.

Hal ini menjadi peringatan kecil bagi pengemudi untuk bisa memastikan kondisi alternator. Jika indikasi ini terjadi, sebaiknya jangan menganggapnya sepele.

Anda perlu melakukan beberapa pengecekan agar komponen mobil dalam kondisi baik-baik saja. Apalagi setiap komponen memiliki keterkaitan.

Jangan anggap sepele, sebab dari masalah kecil bisa mengakibatkan kerusakan mobil yang cukup parah.

Baca Juga: Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil Rusak Tampak dari Suara Mesin Melemah

Baterai Rusak

Ciri alternator mobil lemah selanjutnya yaitu dari komponen baterai. Kegagalan sistem alternator pasti akan berdampak pada usia baterai.

Sebaiknya Anda bisa membedakan apakah masalah terjadi akibat baterai rusak atau alternator melemah. Saat mobil mati Anda bisa coba melakukan teknik jumper.

Jika mobil menyala menandakan jika baterai rusak. Akan tetapi, jika mesin mobil perlahan mati sudah pasti jika alternator mulai melemah.

Lampu Indikator Bergambar Accu Menyala

Saat lampu indikator bergambar accu menyala, menandakan jika ada kegagalan dari baterai atau sistem kelistrikan. Jangan beranggapan cepat jika kondisi baterainya melemah.

Sebab lampu indikator yang menyala sebenarnya bisa karena output dari alternator tidak sesuai. Hal ini juga bisa menjadi salah satu ciri alternator mobil lemah.

Tercium Bau Terbakar

Anda bisa dengan mudah mengetahui jika alternator mulai rusak dari indera penciuman. Saat Anda mencium bau karet terbakar bisa jadi jika itu adalah kabel alternator.

Hal ini terjadi akibat gesekan belt yang terpasang kurang tepat. Jika bau terbakar tercium Anda perlu pastikan dari mana asalnya.

Jika dari alternator sebaiknya segera bawa ke bengkel. Sehingga ciri alternator mobil lemah ini tidak lagi Anda alami.

Baca Juga: Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah yang Penting Diketahui, Simak Ini!

Muncul Suara

Adapun tanda lain jika alternator rusak, adanya suara decitan dari bagian mesin, mengakibatkan ketidaknyamanan dalam berkendara.

Jika decitan berasal dari mesin mobil dan tidak segera Anda perhatikan, maka bisa menimbulkan masalah baru.

Hal ini akan semakin parah jika alternator tidak bekerja secara optimal. Segera bawa ke bengkel jika hal ini Anda rasakan.

Sebaiknya Anda tidak menganggapnya sebagai masalah sepele.

Sebab dengan mengetahui ciri alternator mobil lemah sejak dini mampu mengurangi risiko kerusakan yang semakin parah. Hal ini terjadi karena Anda bisa mengatasinya lebih awal dan tepat. (R10/HR-Online)