Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri-Ciri Fuel Pump Mobil Rusak Tampak dari Suara Mesin Melemah

Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil Rusak Tampak dari Suara Mesin Melemah

Ciri-ciri fuel pump mobil rusak bisa Anda lihat dan rasakan saat berkendara. Jika sudah terasa, sebaiknya segera atasi agar tidak semakin parah. Fuel pump pada mobil memiliki peran yang cukup penting.

Sama seperti komponen lainnya, fuel pump bertugas memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin. Semua komponen mobil memiliki peran masing-masing.

Selain itu, untuk masalah yang terjadi bisa kapan dan di mana saja. Apalagi jika pemilik mobil tidak melakukan perawatan dengan rutin.

Hal ini akan mengakibatkan kinerja komponen semakin berkurang. Sama seperti fuel pump yang bisa mengalami kendala.

Komponen tidak bisa berfungsi dengan baik jika tidak terjadi penyumbatan akibat adanya endapan kotoran dalam tangki. Hal ini bisa terjadi akibat bahan bakar mobil tidak memiliki kualitas bagus.

Dengan mengetahui ciri-ciri fuel pump mobil rusak, maka komponen tidak akan mengalami kerusakan yang semakin parah.

Bahkan, jika Anda mengetahui gejala kerusakan sejak awal, tidak akan menimbulkan masalah lain. Anda juga bisa segera mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Baca juga: Suara Gemuruh pada Kaki-Kaki Mobil, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengetahui Apa Saja Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil Rusak

Setiap mobil membutuhkan bahan bakar untuk membuat kendaraan bisa berjalan dengan baik. Bahkan, tanpa bahan bakar pastinya kendaran tidak akan bisa difungsikan.

Bensin yang ada dalam tangki mobil sebagai penampungan akan dipompa agar menuju ruang pembakaran. Kemudian berubah menjadi energi yang membuat mesin kendaraan menyala.

Namun setiap tipe kendaran memiliki proses pengaliran bahan bakar yang tidak sama. Pompa bahan bakar tersebut disebut dengan fuel pump.

Komponen yang satu ini menjadi komponen pada sistem suplai bahan bakar yang mampu membuat mesin bekerja dengan normal. Jika pompa bensin atau fuel pump bermasalah mengakibatkan mobil mogok atau mati secara tiba-tiba.

Jika sudah terjadi, hal ini tentu akan membuat pemilik mobil merasa kerepotan. Namun tidak banyak orang yang tahu bagaimana sebenarnya mendeteksi ketika fuel pump bermasalah.

Sebab komponen tersebut tidak terhubung dengan indikator check engine. Mengingat fungsinya yang cukup penting, berikut ini ada beberapa ciri-ciri ketika pompa bahan bakar mengalami kerusakan.

Baca juga: Tanda Oli Mesin Mobil Berkurang, Salah Satunya Asap Knalpot Pekat

Mobil Sulit Dinyalakan

Salah satu ciri-ciri fuel pump mobil rusak, yaitu mobil akan sulit untuk dinyalakan. Saat mobil parkir cukup lama, ketika akan kembali menyalakan maka akan sulit.

Hal ini akibat bahan bakar yang harusnya sudah siap, namun tidak tersedia pada jalur bahan bakar atau disebut juga dengan jalur fuel line. Saat kondisi pompa bensin mulai bermasalah ada indikasi mesin mobil mengalami brebet.

Hal ini terjadi akibat ada sumbatan pada tangki bensin. Kotoran tersebut datang akibat kualitas bahan bakar yang buruk. Sehingga mesin terasa kosong meski pedal gas sudah terinjak.

Suara Pompa Melemah

Ada lagi ciri-ciri fuel pump mobil rusak yaitu suara pompa melemah. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengarkan suara mesin saat pertama kali menyala. Saat Anda memutar kunci kontak ke ON dan bunyinya terdengar lemah, maka hal ini menjadi indikasi.

Masalah pada fuel pump terjadi akibat asupan bahan bakar tidak terpenuhi. Sebab jika ada masalah, suara yang terdengar pertama kali yaitu suara fuel pump.

Check Engine Menyala

Hampir semua pemilik mobil sering memperhatikan indikator check engine. Sebab, komponen yang ada pada dashboard mobil ini bisa menandakan banyak hal yang terjadi pada kendaraan.

Bahkan termasuk sebagai ciri-ciri fuel pump mobil rusak. Jika check engine menyala dan lampu berkedip, menandakan jika masalah terjadi pada fuel pump.

Sehingga bahan bakar tidak mengalir ke injektor. Untuk memastikannya secara jelas, Anda bisa melakukan tes tekanan bahan bakar. Gunakan peralatan bernama fuel pressure gauge.

Pasang alat tersebut pada selang dan injektor. Saat fuel pump nyala maka tekanan akan terbaca pada alat tersebut. Sehingga Anda bisa menentukan apakah ada kerusakan atau tidak.

Cek Aliran Bensin Pada Mobil

Sebaiknya melakukan pengecekan aliran bensin dengan cara buka selang supply atau selang fuel return. Langkah selanjutnya yaitu dengan memasukkan selang ke dalam botol atau wadah plastik untuk mencegah bensin tumpah.

Putar kunci kontak pada posisi ON dan perhatikan selangnya. Jika tidak ada bahan bakar yang keluar menandakan sebagai ciri-ciri fuel pump mobil rusak. (R10/HR Online)

- Advertisment -