Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruCuci Ruang Mesin Mobil yang Aman Agar Performa Tetap Terjaga

Cuci Ruang Mesin Mobil yang Aman Agar Performa Tetap Terjaga

Cuci ruang mesin mobil yang aman harus dengan hati-hati. Pastikan Anda tahu bagaimana trik yang tepat.

Ruang mesin menjadi ruangan tertutup pada bagian mobil yang tidak bisa terlepas dari debu dan kotoran.

Sama seperti bagian mobil lainnya yang perlu perawatan secara berkala. Pemilik kendaraan harus bisa tahu bagaimana cara perawatan yang tepat termasuk pada bagian mesin.

Anda bisa cari tahu bagaimana cara tepat cuci ruang mesin mobil. Dengan mengetahui caranya membantu ruang dapur pacu tetap terjaga performanya.

Baca juga: Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat, Lakukan 6 Langkah Awal Ini!

Cara Cuci Ruang Mesin Mobil yang Aman

Ruang mesin menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan. Meski selalu tertutup, namun ruang mesin juga bisa terpapar oleh debu dan kotoran. Oleh karena itu, Anda juga perlu melakukan perawatan yang tepat.

Cara untuk membersihkan mesin mobil tidak bisa sembarangan. Hal ini perlu Anda lakukan agar ruang tersebut tetap terjaga. Tidak semua orang bisa membersihkan bagian tersebut dengan tepat.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar ruang mesin mobil dapat bersih dan terjaga keawetannya. Menjaga kebersihan bagian mesin cukup penting dan tidak bisa sembarangan.

Sayangnya masih banyak orang yang kurang tepat dalam membersihkannya. Jangan sampai Anda memberikan tekanan air terlalu kencang.

Hal ini justru bisa berisiko merusak mobil. Bahkan bisa menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan. Adapun cara yang tepat untuk Anda lakukan yaitu:

Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi yang tepat juga mempengaruhi cuci ruang mesin mobil. Sebaiknya Anda memilih lokasi yang tepat yaitu tidak langsung terkena sinar matahari.

Anda bisa membersihkannya di garasi mobil dan buka kap mesin untuk mempermudah proses pembersihan. Ada alasan mengapa mencuci bagian ruang mesin tidak boleh terkena matahari langsung.

Hal ini karena ada beberapa komponen yang terbuat dari karet dan plastik. Sehingga jika terkena air akan mudah rapuh yang membuat kinerjanya menurun.

Baca juga: Kap Mesin Mobil, Salah Satu Komponen dengan Fungsi Penting

Hindari Menyemprotkan Air dengan Tekanan Tinggi

Cuci ruang mesin mobil yang pertama yaitu menghindari menyemprotkan air dengan tekanan tinggi. Sebaiknya Anda cukup menyikat atau mengelapnya menggunakan kain lap microfiber.

Anda bisa membasuhnya menggunakan air. Hanya saja sebaiknya tipis-tipis saja. Gunakan kuas dan lap microfiber.

Pastikan Mesin Dalam Kondisi Dingin

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu pastikan kondisi mesin sudah dingin. Anda bisa mencucinya pada waktu pagi hari, sebelum mobil Anda gunakan.

Dengan kondisi mesin yang dingin akan membantu lebih mudah dalam membersihkannya. Bahkan menghindari sisa arus listrik yang ada.

Sebaiknya Anda bisa melakukan cara tersebut dengan tepat agar performa mobil tetap terjaga.

Gunakan Cairan Penghilang Noda

Melakukan cara cuci ruang mesin mobil memang wajib Anda lakukan. Sebaiknya campurkan air dengan cairan khusus penghilang noda. Misalnya oli, grease, dan debu.

Dengan mencampurkan keduanya mampu mengurangi noda dan kotoran sehingga ruang mesin akan lebih berperforma.

Campurkan keduanya dan gosok secara perlahan. Tanpa harus menggosokkan dengan tekanan tinggi kotoran sudah bisa hilang dari ruang mesin mobil.

Gunakan Lap Microfiber Terbaik

Sebenarnya tidak perlu menggunakan air banyak. Anda cukup menggunakan kain microfiber yang hanya cukup dibasuh saja. Biasanya mobil keluaran terbaru sudah memiliki banyak sensor terbaru.

Sehingga untuk menghindari kerusakan pada sistem kelistrikan sebaiknya jangan banyak menggunakan air sebagai cara cuci ruang mesin mobil.

Cek Kondisi Ruang Mesin

Langkah terakhir untuk kondisi ruang mesin benar-benar bersih dari kotoran dan debu yaitu pengecekan. Pastikan jika sudah tidak ada sisa sabun dan air.

Jika masih ada sebaiknya gunakan kain microfiber agar kering dan tidak merusak permukaan mesin. Setelah itu, baru cek dengan cara menyalakan mesin.

Menyalakan bagian mesin akan membantu menghangatkan bagian-bagian agar tidak lembab. Buka kap mesin agar air sisa cucian menguap.

Sebaiknya sebagai pemilik kendaraan Anda tahu bagaimana cara merawatnya. Bahkan termasuk cara membersihkan semua komponen dari debu dan kotoran.

Meski terbilang asing cuci ruang mesin mobil, namun hal ini menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya agar performa mobil tetap dalam kondisi prima. (R10/HR Online)

- Advertisment -