Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruDaftar Menu untuk Diet Sehat dan Makanan yang Perlu Dibatasi

Daftar Menu untuk Diet Sehat dan Makanan yang Perlu Dibatasi

Mamilih daftar menu untuk diet sehat dan untuk menurunkan berat badan sangat penting. Ada banyak jenis makanan atau minuman yang perlu kita pilih selama menjalankan diet.

Diet sehat selain untuk membuat tubuh lebih bugar juga berguna untuk menurunkan berat badan. Diet yang baik perlu kita lakukan dengan mengatur pola makan maupun gaya hidup yang lebih sehat.

Baca juga: Diet Sehat Alami Tanpa Olahraga Ini Cara Cepat Turunkan Berat Badan

Nah, jika anda ingin berhasil dalam melakukan diet, anda hendaknya mewaspadai beberapa makanan di bawah ini yang mengandung kalori tinggi.

Waspadai Makanan Kalori Tinggi dalam Daftar Menu untuk Diet

Over kalori dapat menyebabkan kegemukan, namun kalori juga dibutuhkan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai kegiatan. Nah, berikut daftar menu untuk diet dari jenis makanan kalori tertinggi yang bisa Anda pilih. Tentunya Anda harus bisa mengatur kadar konsumsinya agar tidak over kalori atau menggagalkan program diet.

Makanan dengan Minyak Hewani

Semua makanan yang mengandung minyak hewani atau olah dengan minyak umumnya mengandung kalori yang sangat tinggi. Karenanya Anda harus bisa membatasi konsumsinya agar program diet yang sudah dirancang tidak berantakan.

Beberapa contohnya seperti lemak daging kambing, sapi, kulit ayam, dan minyak ikan.

Dalam tiap 100 gram makanan itu mengandung 902 kalori. Sehingga jika anda memakannya, maka sudah mampu memenuhi sekitar 45 persen kebutuhan kalori Anda untuk satu hari.

Makanan Minyak Sayur

Minyak sayur atau minyak nabati ini sebenarnya tidak jauh beda dengan minyak hewani dan mengandung sekitar 884 kalori. Jumlah ini mampu mencukupi sekitar 44 persen kebutuhan kalori Anda dalam sehari. Untuk itu Anda perlu membatasi makanan-makanan olahan gorengan minyak dan kurangi jumlahnya pada daftar menu untuk diet Anda.

Makan Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Makanan jenis kacang-kacangan atau biji-bijian mengandung 719 kalori tiap 100 gram. Jumlah ini juga mampu memenuhi sekitar 36 persen kebutuhan kalori harian Anda.

Jenis makanan ini banyak mengandung nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh. Seperti vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat sehingga anda perlu cermat dalam mengonsumsinya

Cemilan Keripik

Makanan keripik mengandung banyak garam dan minyak. Makanan ini harus Anda hindari dari daftar menu untuk diet. Hal itu karena dalam setiap 15 potong keripik mengandung sekitar 160 kalori.

Padahal yang namanya ngemil tentu sering kali tak terasa kalau telah menghabiskan banyak keripik. Karena itu jika cara menurunkan berat badan yang sehat adalah dengan menghindarinya.

Minuman untuk Diet

Menjalankan diet yang baik tentunya tidak saja memperhatikan asupan makanannya. Jenis minuman yang masuk ke dalam perut juga perlu mendapat perhatian. Hal ini penting agar hasilnya lebih optimal.

Untuk itu penting memilih jenis minuman yang perlu Anda masukkan dalam menu diet. Ada sejumlah jenis minuman yang baik untuk mendukung program diet guna menurunkan berat badan. Berikut ini pilihan daftar menu untuk diet.

Minum Teh

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, sangat penting untuk menurunkan berat badan secara bertahap. Untuk itu Anda perlu menambahkan minuman teh dalam menu harian Anda.

Teh merupakan jenis minuman yang sejak lama kita kenal bermanfaat untuk memelihara kesehatan. Namun sejumlah peneliti juga menemukan manfaat minum teh yang juga efektif untuk menurunkan berat badan.

Mengutip hasil riset dari American Journal of Clinical Nutrition, ternyata teh memiliki kandungan yang berguna untuk mendukung program diet. Kandungan itu adalah zat antioksidan catechin dan kafein.

Kombinasi kandungan dari kedua daftar menu untuk diet ini terbukti mampu membakar lemak tubuh sekaligus meningkatkan energi.

Menurut hasil studi tersebut, orang yang minum teh hijau dan kafein untuk diet berkurang berat tubuhnya jauh lebih banyak daripada orang yang tidak minum teh dalam menu hariannya.

Pilih Teh Hijau

Penelitian lain pada tahun 2011 juga menemukan bahwa minum teh dalam program diet mampu meningkatkan pengeluaran kalori sampai 100 kalori dalam 24 jam. Jenis minuman teh yang efektif adalah teh hijau.

Minum secangkir teh hijau, menurut riset itu, mampu membakar sekitar 25 hinggga 30 kalor. Jumlah ini setara jika kita melakukan jogging selama sekitar 10 menit.

Namun dalam mengonsumsi daftar menu untuk diet ini Anda jangan menambahkan gula atau susu. Jumlah maksimal minum teh ini yang menjadi rekomendasi adalah tidak boleh melebihi tiga cangkir sehari.

Baca juga: Mengecilkan Perut Buncit Bagi Wanita Dalam Waktu Seminggu, Begini Caranya

Hal ini karena teh bersifat diuretik yang bisa menyebabkan sering buang air kecil. Teh juga mengandung kafein yang bisa berdampak dan mengganggu siklus tidur.

Minum Air Putih

Minuman lain yang juga penting untuk tubuh tentu saja air putih atau air mineral. Selain membawa oksigen yang penting untuk tubuh, air putih juga berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh kita.

Masukkan minuman ini juga dalam menu diet Anda. Namun untuk meminumnya sebaiknya tidak sembarangan. Saran terbaik minum air putih adalah saat bangun tidur, saat siang atau sore.

Hindari minum air putih banyak sesudah makan atau menjelang tidur. Selain tidak baik untuk pencernaan, tidur malam juga bisa terganggu karena akan sering terbangun untuk buang air kecil.

Itulah daftar menu untuk diet yang bisa Anda pilih. Selain baik untuk kesehatan, asupan ini juga efektif untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. (R11/HR-Online)

- Advertisment -