Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruDekorasi Ruang Salat di Rumah Tingkatkan Kekhusyukan Saat Ibadah

Dekorasi Ruang Salat di Rumah Tingkatkan Kekhusyukan Saat Ibadah

Dekorasi ruang salat di rumah membantu Anda bisa beribadah lebih khusyuk. Apalagi ide dekorasi rumah kini sudah cukup bervariasi dan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Memiliki tempat ibadah di rumah menjadi salah satu yang perlu diperhatikan oleh pemilik rumah. Bagi umat muslim, memiliki ruang ibadah atau sejenis mushola tidaklah sulit.

Anda cukup menyediakan ruangan yang tidak terlalu besar, bersih, dengan dekorasi menarik. Dengan memiliki ruang salat sendiri, Anda dan keluarga bisa melaksanakan ibadah bersama.

Sayangnya terkadang masalah lahan menjadi permasalahan yang sering terjadi. Banyak kendala yang mengakibatkan Anda tidak lagi bisa membuat ruang salat yang besar.

Namun, meski memiliki lahan terbatas bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan dekorasi ruang salat di rumah yang menarik. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat dekorasi ruang salat agar lebih khusyuk saat beribadah.

Meski lahan sempit tidak menjadi alasan bagi Anda untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan inspiratif.

Tips Menciptakan Dekorasi Ruang Salat di Rumah

Memiliki ruangan untuk beribadah di rumah adalah impian semua umat muslim. hal ini perlu diciptakan agar bisa merasa nyaman saat beribadah di rumah.

Karena keterbatasan lahan membuat sebagian besar orang kesulitan untuk menciptakan hal tersebut. Namun meski lahan terbatas Anda masih bisa menciptakan tempat salat minimalis pada ruang terbatas.

Baca Juga: Dekorasi Rumah Kecil Anti Sesak dan Hemat Budget

Meski ruangan sempit, jika dekorasinya tepat maka membuat ruangan salat lebih nyaman dengan kebersihan yang terjaga. Berikut ini ada beberapa tips inspiratif untuk Anda yang hendak menciptakan dekorasi ruang salat minimalis.

Berikan Warna Lembut Pada Ruangan

Salah satu tips tepat yang bisa Anda ciptakan pada dekorasi ruang salat di rumah adalah dari segi pewarnaan. Sebaiknya pilih cat tembok ruangan yang soft untuk membantu mood Anda tetap baik.

Misalnya saja warna biru yang mampu membuat seseorang lebih berkonsentrasi. Jika tidak, Anda juga bisa memilih warna orange yang mampu meningkatkan semangat.

Agar bisa menambah rasa khusyuk saat beribadah, Anda bisa memilih warna coklat atau putih. Warna putih melambangkan kesucian dan terkesan menarik pada ruang salat minimalis.

Sedangkan untuk warna coklat mampu memberikan kesan serius, lembut, dan hangat. Kombinasikan kedua warna tersebut agar tampilan dekorasi lebih cantik dan menarik.

Sediakan Tempat Khusus Wudhu

Saat mendekorasi ruang salat di rumah, sebaiknya lengkapi dengan tempat wudhu. Anda bisa ciptakan tempat wudhu sederhana satu ruang dengan tempat ibadah.

Anda bisa menempatkan kran air pada area yang luas agar cipratannya tidak membasahi area ibadah. Gunakan pembatas agar area salat tetap kering.

Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Sama seperti ruangan di rumah lainnya, sirkulasi udara dan cahaya ikut berperan penting. Hal ini perlu dilakukan agar ruangan tampak lebih fresh dan hangat.

Baca Juga: Model Kanopi Hollow Minimalis, Bahan Terbaik dengan Sejuta Keunggulan

Sirkulasi udara yang baik akan membuat ruangan tidak pengap dan lembab. Bahkan dengan pencahayaan yang tepat juga tidak perlu menggunakan lampu pada siang hari.

Jika ruangan memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, kenyamanan ibadah akan tercipta. Sesuaikan ukuran jendela dengan ruangan. Ciptakan dekorasi ruang salat di rumah yang nyaman.

Furniture Minimalis

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi ruang salat di rumah. Salah satunya dengan melengkapi ruangan menggunakan inspirasi furniture yang menarik.

Anda bisa menggunakan furniture minimalis untuk meletakkan beberapa kebutuhan beribadah. Mulai dari Al Qur’an, mukena, sarung, peci, sajadah, dan peralatan lainnya.

Gunakan lemari berukuran sedang untuk menyimpan semuanya. Agar dekorasi ruangan terkesan mewah Anda bisa memilih furniture lemari pintu kaca.

Baca Juga: Dekorasi Meja Belajar Estetik, Membuat Aktivitas Tidak Membosankan

Kaligrafi Bagian Dinding

Meletakkan kaligrafi pada area dinding tempat salat akan memberikan kesan yang lebih menarik. Apalagi jika Anda bisa menyesuaikan dengan konsep ruangan.

Pastikan Anda memilih hiasan dinding tulisan ayat Al Qur’an. Gunakan beberapa pajangan saja, jangan memenuhi bagian dinding karena akan mengurangi rasa nyaman saat beribadah.

Sebagai umat muslim memiliki ruang ibadah di rumah adalah impian yang harus terwujud. Hal itu untuk menunjang kenyamanan saat beribadah, pastikan menggunakan dekorasi ruang salat di rumah yang menarik. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -