Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisDKUKMP Ciamis: Kenaikan Harga Beberapa Komoditas Sembako Masih Wajar

DKUKMP Ciamis: Kenaikan Harga Beberapa Komoditas Sembako Masih Wajar

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyebut bahwa kenaikan harga beberapa komoditas sembako di bulan ramadan ini masih wajar.

Kepala Bidang Perdagangan pada DKUKMP Ciamis, Asep Sulaeman mengatakan, untuk harga sembako saat ini masih terbilang normal. Meskipun ada kenaikan masih hal yang wajar. 

“Memang ada beberapa komoditas sembako yang harganya naik, namun itu masih dalam hal yang wajar. Karena naiknya tidak terlalu signifikan,” katanya, Kamis (14/4/2022).

Ia menuturkan, untuk harga daging sapi saat ini sebesar Rp 140 ribu, dari Rp 120 ribu per kilogramnya.

Sedangkan untuk harga daging ayam broiler mengalami penurunan, dari sebelumnya Rp 41 ribu jadi Rp 40 ribu per kilogramnya.

Sementara untuk harga komoditas sembako seperti cabai rawit hijau naik, dari tadinya harga Rp 47 ribu kini jadi 50 ribu per kilogramnya.

“Kemudian telur ayam dari Rp 25 ribu naik menjadi Rp 26 ribu per kilogramnya,” tuturnya.

Meskipun saat ini harga beberapa komoditas ada yang naik, namun pihaknya menegaskan, bahwa ketersedian bahan-bahan sembako menjelang hari raya Idul Fitri nanti aman.

Bahkan, pihaknya akan terus memantau perkembangan. Jadi menurutnya, jika nanti ada harga komoditas yang naik, maka langsung laporkan ke Satgas Pangan, Bupati dan juga DPRD.

“Bahkan kita juga akan lapor ke Pemerintah Provinsi serta Kementerian Perdagangan,” tegasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)