Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Setelah Witir Tarawih Lengkap Beserta Artinya

Doa Setelah Witir Tarawih Lengkap Beserta Artinya

Doa setelah witir tarawih merupakan salah satu amalan yang bisa kita kerjakan. Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh dengan ampunan.

Dengan kita memperbanyak doa, maka Allah akan membukakan pintu ampunan seluas-luasnya. Selain itu, ada banyak sunnah yang bisa kita kerjakan saat bulan Ramadan.

Salah satunya adalah salat tarawih yang kita kerjakan saat malam hari. Di mana bisa kita kerjakan sendiri maupun berjamaah di masjid.

Doa Setelah Witir Tarawih, Bacaan Beserta Artinya

Ketika mengerjakan salat tarawih, tak lepas dari salat witir. Salat witir ini sebagai penutup salat tarawih. Umumnya kita kerjakan sebanyak tiga rakaat.

Baca juga: Niat Sholat Tarawih, Bacaan dan Tata Caranya yang Benar

Setelah selesai mengerjakan salat witir, ada anjuran untuk membaca doa maupun dzikir. Bagi yang belum hafal dengan doa satu ini, berikut adalah pemaparan selengkapnya.

Bacaan Doa Setelah Witir Tarawih

Allahumma innaanas-aluka iimaanan daa-iman, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas-aluka ‘ilman naafi’an, wanas-aluka yaqiinan shaadiqan, wanas aluka ‘amalan shaalihan, wanas-aluka diinan qayyiman, wanas-aluka khairan katsiira, wanas-alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas-aluka tamaamal aafiyati, wanas alukasy syukra ‘alal ‘aafiyati, wanas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

Allahumma robbanaa. Taqobbal minnaa, shalaatanaa, washiyaa minaa, waqiyaa manaa, watakhusy syuanaa, watadahrru’anaa, wata’abbudanaa. Watammim taqshiiranaa yaa allaahu, yaa allaahu, yaa allaahu, yaa arhamar raahimiin. Washallallaahu‘alaa khairi khalqi Muhammadin wa alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Arti Doa Setelah Witir Tarawih

Wahai Allah, kami memohon kepada Engkau iman yang tetap, kami memohon kepada Engkau hati yang khusyuk, kami memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada Engkau keyakinan yang benar, kami memohon kepada Engkau amal yang shaleh, kami memohon kepada Engkau agama yang lurus, kami memohon kepada Engkau kebaikan yang banyak, kami memohon kepada Engkau ampunan dan afiat, kami memohon kepada Engkau kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada Engkau syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada Engkau terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Kami mohon terimalah apa yang ada pada kami, shalat, puasa, shalat malam, kekhusyu’an kami, dan kerendahan hati, ibadah kami. Dan sempurnakanlah kekurangan dan kelalaian kami, Wahai Allah, Dzat paling Penyayang diantara penyayang lainnya. Semoga rahmat dari Allah tercurahkan kepada makhlukNya, Muhammad, keluarga serta seluruh sahabatnya, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

Keajaiban Doa di Bulan Ramadan

Doa setelah witir tarawih ini tentunya tidak boleh kita lewatkan. Pasalnya, doa yang kita panjatkan pada bulan Ramadan memiliki keajaiban yang luar biasa.

Sebagai salah satu wujud kasih sayangnya Allah kepada setiap hamba-hambaNya, berikut ini beberapa keajaiban doa pada bulan Ramadan.

1. Doa akan Allah Kabulkan

Bila kita memanjatkan doa kepada Allah dengan kesungguhan hati, maka Allah akan mengabulkannya. Namun, kita tetap harus memenuhi syarat.

Baca juga: Tarawih Pada Zaman Rasulullah Sampai Sekarang dan Keutamaannya

Ketika kita memanjatkan doa kepada Allah, tentunya dibarengi dengan menjalankan semua perintahNya dan menjauhi semua laranganNya. Tak pantas rasanya bila kita masih sering lalai dan lupa, tetapi masih meminta sesuatu kepada Allah.

2. Doa Tidak akan Tertolak

Salah satu keajaiban doa lainnya yakni tidak akan tertolak. Dengan catatan, kita melakukan amalan puasa Ramadan dengan hati yang ikhlas. Selain itu, hanya mengharapkan ridho Allah Ta’ala.

3. Sunnah yang Mulia

Berdoa pada bulan Ramadan merupakan sunnah yang mulia. Maka dari itulah kita harus memperbanyak doa kepada Allah, yang salah satunya adalah doa setelah witir tarawih ini.

Kita bisa memanjatkan doa apa saja kepada Allah. Doa memohon kebaikan hidup di dunia dan akhirat, memohon ampunan, kebaikan untuk seluruh umat muslim, hingga doa untuk negara kita.

4. Pahala Menjadi Berlipat Ganda

Kebaikan yang kita kerjakan di bulan Ramadan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bahkan sampai tujuh puluh kali lipat kebaikan.

Baca juga: Subhanalloh, Ini Manfaat Sholat Tarawih Bagi Kesehatan Tubuh

Maka dari itulah, sebagai umat muslim ada baiknya kita selalu berdoa kepada Allah sebagai bentuk ketaatan.

Dari doa yang kita panjatkan akan mendapatkan kebaikan berlipat ganda dari Allah.

5. Mendapatkan Kenikmatan Surga

Keajaiban doa di bulan Ramadan lainnya yakni mendapatkan kenikmatan surga. Ketika kita berdoa setiap saat dengan hati ikhlas, maka Allah akan memberikan kenikmatan untuk dapat meraih surga.

Mengingat kita masih memiliki waktu untuk merasakan bulan Ramadan, ada baiknya mengamalkan doa setelah witir tarawih ini setiap hari. (R10/HR-Online)