Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Enzim Katalase di Dalam Tubuh Manusia, Apa Saja?

Fungsi Enzim Katalase di Dalam Tubuh Manusia, Apa Saja?

Fungsi enzim katalase memang sangat penting untuk tubuh. Selain itu, enzim katalase juga ada di setiap makhluk hidup.

Meski kurang populer, nyatanya enzim katalase memiliki fungsi utama sebagai katalisator. Katilasator sendiri merupakan proses mempercepat reaksi berbagai proses kimia yang ada di dalam tubuh.

Baca Juga: Teori Kinetik Gas pada Fisika, Ini Pengertian dan Hukum Gas Idealnya!

Tidak hanya pada manusia, enzim ini ada di semua makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan. Jika di tubuh manusia, enzim ini dapat kita temukan di dalam hati.

Ketahui Fungsi Enzim Katalase

Tubuh manusia terdiri dari banyak sekali komponen kompleks yang saling berhubungan. Di dalam tubuh juga ada banyak sekali enzim yang sangat bermanfaat.

Enzim katalase adalah salah satu yang ada di dalam tubuh kita. Jenis enzim ini sangat berguna untuk kelancaran metabolisme tubuh.

Mereka berguna untuk mencegah akumulasi peroksida dan melindungi organel seluler serta jaringan dari kerusakan oleh peroksida tersebut. Jika belum tahu, peroksida merupakan zat yang tubuh produksi sebagai reaksi metabolik.

Enzim katalase akan mengkatalisis reaksi, di mana hidrogen peroksida kemudian akan terurai menjadi air dan oksigen.

Senyawa hidrogen peroksida merupakan salah satu produk uraian dari setiap sel yang menggunakan oksigen, yakni sebagai sumber energi di dalam proses metabolisme pada tubuh.

Jika terjadi penumpukan hidrogen peroksida, maka dapat menyebabkan kerusakan. Lantas, apa saja fungsi enzim katalase ini? Berikut pembahasannya.

Untuk Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas ada di mana-mana mulai dari radiasi, ozon, asap rokok, sinar matahari, asap kendaraan, bahan kimia, polusi udara, bahkan hingga makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Segala radikal bebas tentunya dapat terpapar ke tubuh kita. Namun, sebenarnya tubuh juga menghasilkan radikal bebas sendiri.

Tubuh akan menciptakan radikal bebas dari proses metabolisme yang mereka lakukan. Misalnya saat Anda mencerna makanan, bernapas, dan berolahraga.

Baca Juga: Dinamika Gerak Rotasi: Momen Gaya, Momen Sudut, dan Energi Kinetik

Lantas, apa sebenarnya radikal bebas itu sendiri? Radikal bebas merupakan molekul kimia yang bersifat tidak stabil dan sangat reaktif.

Jika berada dalam jumlah terlalu banyak di dalam tubuh, maka molekul ini dapat menyerang berbagai molekul lainnya dengan protein sebagai target utamanya. Radikal bebas ini dapat menyebabkan kerusakan yang permanen pada protein, sel, dan DNA.

Jika itu dibiarkan, maka akan berakibat pada gangguan keseimbangan di dalam tubuh. Karena itulah akan timbul berbagai penyakit.

Pada saat inilah peran enzim katalase sangat penting. Enzim katalase akan melawan efek radikal bebas untuk tubuh sehingga akan lebih sehat.

Campuran dalam Produk Kosmetik

Industri kosmetik juga memanfaatkan fungsi enzim katalase dengan baik. Senyawa kimia satu ini biasanya menjadi bahan campuran dalam beberapa produk masker wajah.

Kemudian penggunaan dari enzim katalase untuk berbagai produk masker wajah sebenarnya memiliki fungsi meningkatkan oksigenasi sel yang ada pada lapisan kulit wajah di bagian atas atau epidermis.

Oksigenasi tersebut berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel kulit wajah. Hal itu akan membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan tidak kusam.

Bahan Campuran Produk Makanan

Penggunaan enzim katalase untuk campuran produk makanan biasanya berada di dalam olahan susu.

Hal itu karena Kombinasi senyawa kimia lain dan enzim katalase dapat menghilangkan hidrogen peroksida di dalam tubuh. Sehingga, untuk memproduksinya membutuhkan peran enzim katalase.

Baca Juga: Hukum Gay Lussac Perbandingan Volume: Arti, Sejarah, dan Contohnya

Tidak hanya itu, enzim katalase juga bisa Anda temukan di dalam produk pembungkus makanan. Fungsi enzim katalase pada pembungkus adalah untuk mencegah terjadinya proses oksidasi.

Mencegah Terjadinya Uban

Tanpa Anda ketahui, enzim katalase ini berperan penting dalam kemunculan uban. Seperti kita tahu, uban atau rambut putih merupakan hasil dari reaksi biokimiawi di dalam sel rambut.

Proses tersebut akan menyebabkan rambut menjadi putih dari dalam hingga ke bagian luar. Proses munculnya uban ini akan mulai pada saat kadar enzim katalase di dalam tubuh menurun.

Kurangnya enzim katalase tersebut akan mengakibatkan senyawa hidrogen peroksida tidak dapat pecah hingga akhirnya menumpuk di rambut. Akibatnya, pasokan enzim lain yang dapat memperbaiki kerusakan juga ikut berkurang.

Meski pamornya masih kurang dari enzim tubuh lain, namun fungsi enzim katalase sangat penting. Enzim ini bahkan juga digunakan di dalam industri di kehidupan manusia, mulai dari makanan hingga kecantikan. (R10/HR-Online-Editor-Ndu)

- Advertisment -