Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita BanjarKamar Hunian Warga Binaan Lapas Kota Banjar Digeledah Petugas, Ada Apa?

Kamar Hunian Warga Binaan Lapas Kota Banjar Digeledah Petugas, Ada Apa?

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Petugas gabungan geledah kamar hunian warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banjar, Jawa Barat, pada hari Kamis (21/4/2022).

Penggeledahan tersebut dalam rangka penguatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan pemasyarakatan.

Kepala Lapas Kelas II B Banjar, Muhammad Maulana mengatakan, penggeledahan dilakukan bersama dengan pihak BNNK Ciamis, yang dilaksanakan secara serentak.

“Langkah ini dilakukan dalam rangka penguatan P4GN, juga sebagai langkah progresif yang dilaksanakan oleh Lapas Banjar,” kata Muhammad Maulana.

Baca juga: Hendak Menyeberang Jalan, Seorang Bocah di Kota Banjar Tertabrak Motor

Maulana menjelaskan, hal itu dilakukan agar para pengayom masyarakat di Lapas Banjar, mempunyai mentalitas yang kuat.

“Jika itu sudah kokoh insyaallah terhindar dari yang namanya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika,” jelasnya.

Maulana menambahkan, kegiatan penggeledahan dan razia barang-barang yang tidak semestinya berada di kamar warga binaan itu dilakukan secara berkala.

“Ini dilakukan secara berkala, dengan tujuan meminimalisir dan penguatan P4GN itu tadi. Hasilnya kita mengamankan benda tajam seperti gunting, sendok, dan kabel. Tidak ditemukan narkoba,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin menuturkan, sebagai pengayom masyarakat para pegawai Lapas Banjar, harus memiliki pengetahuan yang luas tentang perkembangan narkoba.

“Maksudnya supaya pegawai Lapas Banjar, bisa mengidentifikasi dan mampu mengetahui jika menemukan sesuatu yang dianggap mencuri perhatian,” tutur Engkos.

Kemudian Engkos mengingatkan, jangan pernah sekali-kali mencoba ataupun terlibat dalam jaringan penyalahgunaan narkoba.

“Jangan pernah mencoba masuk ke dalam jaringan penyalahgunaan narkoba. Karena itu bisa merusak semua yang ada di hidup kita,” pungkasnya.

Sementara itu pantauan HR Online, kegiatan penggeledahan kamar hunian warga binaan Lapas Kota Banjar berjalan dengan lancar. (Sandi/R8/HR Online/Editor Jujang)