Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita PangandaranKampus Universitas Jenderal Soedirman Segera Hadir di Pangandaran

Kampus Universitas Jenderal Soedirman Segera Hadir di Pangandaran

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata terus berupaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya dengan memboyong Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) ke Pangandaran.

Pembangunan kampus UNSOED di Pangandaran direncanakan pada tahun 2023 mendatang.

“Rencana pembangunan tahun 2023,” ujar Jeje, Minggu (10/4/2022).

Jeje mengungkapkan setiap tahunnya, sebanyak 6.000 siswa Pangandaran lulus jenjang SLTA/SMA. Sedangkan rata-rata yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya 1.200 orang per angkatan.

Dengan hadirnya kampus perguruan tinggi dapat meningkatkan rata-rata siswa lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Sebelumnya, Pangandaran pun telah punya Universitas Padjajaran.

Menurut Jeje, berdasarkan penelusuran, pada siswa yang tidak melanjutkan ke jenjang perkuliahan karena mahalnya biaya kuliah ke luar daerah.

“Untuk solusinya dengan membawa kampus perguruan tinggi ke Pangandaran,” kata Jeje.

Kelas perkuliahan angkatan pertama Universitas Jenderal Soedirman Pangandaran ini mulai tahun 2023. Untuk itu, Jeje instruksikan kepada Kadisdik Pangandaran menjalin komunikasi bersama para kepala SMA/SMK Pangandaran.

“Kami akan mendata para siswa kelas 3 yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan sesuai minatnya,” ungkapnya.

Pihak Universitas Jenderal Soedirman sendiri sudah siap membuka kelas. Syaratnya minimal jumlahnya 20 mahasiswa. Sedangkan untuk kelas praktikum dan lainnya tetap harus ke kampus utama.

UNSOED kini memiliki 8 fakultas, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Biologi, Peternakan, Fakultas Hukum, Kedokteran, Fakultas Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Namun untuk di Kabupaten Pangandaran, fakultas yang dibangun berdasarkan minat dari calon mahasiswa. (Ceng2/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -