Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruKandungan Jambu Biji dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Jambu Biji dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan jambu biji ternyata tak kalah hebat daripada makanan lainnya. Jenis ini juga bisa berperan penting sebagai booster terhadap ancaman berbagai penyakit. Karena itu mengonsumsi buah ini secara rutin bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Apakah anda sering mengonsumsi jambu biji? Rupanya jenis buah jambu ini memiliki banyak manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh.

Maka tak jarang para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi jambu biji sebagai pengganti camilan yang berlemak. Biasanya jambu biji kita konsumsi dengan cara diolah menjadi jus atau dimakan secara langsung.

Baca juga: Manfaat Tape Singkong, Kudapan Tradisional Favorit Segudang Khasiat

Mungkin sebagian orang masih belum tahu kandungan dan manfaat yang terdapat pada jambu biji. Manfaat buah ini antara lain untuk mengatasi masalah sembelit agar saluran pencernaan lancar kembali.

Manfaat Kandugan Jambu Biji

Dengan begitu, jambu biji cocok menjadi konsumsi kalangan manapun. Terlebih lagi jambu biji mudah kita temukan dan dapatkan. Berikut ini berbagai kandungan jambu biji dan manfaatnya untuk tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Mengobati Sembelit

Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan serat terkaya. Apalagi bagian bijinya, jika tertelan pun keseluruhan atau kita kunyah, berfungsi sebagai obat pencahar.

Selain itu, manfaat jambu biji juga dapat membantu pembentukan gerakan usus yang sehat dan membantu tubuh dalam mempertahankan air, hingga membersihkan usus.

Pentingnya kesehatan tubuh tidak dapat kita sangkal. Untuk menciptakan tubuh sehat tentu sangat tergantung pada pencernaan manusia.

Mengatasi Diare

Perlu anda tahu bahwa jambu biji kaya dan banyak mengandung senyawa astringents. Sehingga buah ini berguna dalam memberikan perlindungan terhadap diare.

Baca juga: Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kesehatan, Bisa Bikin Tubuh Lebih Fit

Tentu saja penyembuhan disentri ini adalah dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra pada usus.

Kandungan jambu biji lainnya seperti karotenoid, vitamin C dan kalium yang ada pada jambu biji juga sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem pencernaan sekaligus desinfektan.

Mengoptimalkan Penglihatan

Buah jambu biji ternyata memiliki kandungan vitamin A yang cukup baik atau seperti yang kita temukan pada wortel. Buah jambu biji juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan bagi penglihatan mata.

Dari manfaat itulah membuat jambu biji dipercaya bisa mencegah munculnya katarak pada mata, degenerasi makula dan masalah lainnya yang berhubungan dengan kesehatan mata.

Bahkan buah ini mampu mencegah terjadinya degradasi penglihatan.

Mengurangi Hipertensi

Manfaat jambu lainnya adalah untuk mencegah resiko penebalan darah. Buah ini akan mampu mempertahankan fluiditas darah serta mengurangi tekanan darah. Jambu biji juga membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

Berbagai penelitian yang telah ada menunjukkan bahwa bahan makanan yang kurang serat dapat menambah tekanan darah. Hal ini karena gula akan terkonversi dengan cepat.

Kandungan jambu biji juga kaya serat dan hipoglikemik. Karena itu buah ini merupakan makanan yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Mengatasi Diabetes

Satu lagi manfaat adanya jambu biji untuk kesehatan tubuh yakni mengatasi masalah diabetes. Pada manfaat yang terkait dengan tekanan darah, sebetulnya asupan jambu biji juga dapat membantu penderita diabetes.

Kandungan serat yang cukup tinggi pada pada buah jambu biji membantu dalam penyerapan gula oleh tubuh. Dengan begitu dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa manfaat dari jambu biji dapat mencegah resiko diabetes tipe-2. Maka dari itu, bagi penderita diabetes perlu rutin konsumsi jambu biji.

Itulah berbagai kandungan jambu biji yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsinya secara rutin akan memberikan banyak manfaat yang sangat baik. Termasuk untuk mencegah maupun meredakan sejumlah gangguan penyakit. (R11/HR-Online)