Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BanjarKerap Kecelakaan, Warga Geram dan Tambal Jalan Secara Swadaya di Kota Banjar

Kerap Kecelakaan, Warga Geram dan Tambal Jalan Secara Swadaya di Kota Banjar

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Sejumlah jalan berlubang yang berada di ruas Jalan Raya Banjar-Manganti tepatnya di Dusun Sukarahayu, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, kian bertambah rusak. Sehingga membahayakan pengguna jalan dan kerap menimbulkan kecelakaan.

Warga pun merasa kesal, hingga akhirnya menambal jalan berlubang tersebut secara swadaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Ketua RW 7/4, Dusun Sukarahayu, Ahmad Nur Kholilullah mengatakan, penambalan jalan berlubang tersebut merupakan inisiatif dari masyarakat. Karena menurutnya, selama ini warga miris dengan kondisi jalan tersebut. 

Selain itu, banyak pengendara dan pemudik yang kerap mengalami kecelakaan akibat jalan berlubang tersebut. Namun belum ada tanda-tanda dilakukan perbaikan dari pihak pemerintah.

“Tadi pagi saya sama warga tambal jalan, karena banyak pemudik yang pada celaka. Makanya kami inisiatif sama warga buat perbaiki,” kata Ahmad kepada HR Online, Sabtu (30/4/2022).

Lebih lanjutnya ia menyebabkan, titik lokasi jalan berlubang tersebut cukup banyak. Sehingga tidak selesai jika hanya dilakukan penambalan oleh warga dengan cara swadaya.

Dalam penambalan jalan tersebut, kata Ahmad, warga hanya mengandalkan bantuan material sukarela dari warga yang lain, yang sama-sama memiliki kepedulian.

“Kalau yang rusak banyak. Cuma baru sekitar 10 lokasi yang tadi pagi dilakukan penambalan. Materialnya saya minta warga yang lain,” ujarnya.

Ia berharap, kondisi jalan berlubang di Jalan Raya Banjar-Manganti tersebut, nantinya menjadi perhatian pemerintah. Karena sudah lama belum dilakukan perbaikan.

“Sudah banyak. Bahkan pemudik juga kerap kecelakaan. Tapi alhamdulillah nggak sampai ada yang meninggal. Kami harap nanti jalan ini diperhatikan karena membahayakan,” pungkasnya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)