Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Salat Tarawih, Dapat Mengampuni Dosa yang Lalu

Keutamaan Salat Tarawih, Dapat Mengampuni Dosa yang Lalu

Keutamaan salat tarawih ternyata juga menjadi hal yang harus kita ketahui. Ilmu ini merupakan ilmu yang wajib setiap muslim ketahui.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya pelaksanaan salat tarawih itu hanya ketika bulan puasa saja. Tak heran jika banyak orang yang menanyakan apa saja keutamaan melakukan salat tarawih tersebut.

Seperti yang sudah kita ketahui juga, bahwasannya hukum salat tarawih itu adalah sunnah muakkad. Dengan begitu, salat ini boleh dilakukan bahkan sangat dianjurkan.

Terkadang, beberapa orang mempunyai pertanyaan tersendiri terhadap salat yang satu ini. Bukankah sudah ada salat wajib, kenapa harus melaksanakan salat tarawih?

Kembali ke hukum salat itu sendiri. Karena merupakan sunnah muakkad, maka apabila kita mampu melaksanakannya pasti lebih baik.

Karena merupakan ibadah yang dianjurkan, pastinya di dalamnya mempunyai keistimewaan. Apalagi jumlah rakaat salat tarawih itu berbeda dengan salat wajib.

baca juga: Bacaan Niat Mandi Puasa Ramadhan, Berikut Lafadznya

Apa Saja Keutamaan Salat Tarawih?

Setiap umat muslim pastinya menantikan datangnya bulan puasa. Karena salat tarawih merupakan rangkaian dari Ramadan sendiri, maka tidak heran apabila kita hanya bisa melakukannya ketika bulan puasa.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hukum salat tarawih itu adalah sunnah muakkad. Waktu pengerjaannya bisa kita lakukan setelah habis salat Isya, namun sebelum witir.

Kita juga bisa melaksanakan salat tersebut sendiri di rumah ataupun berjamaah. Mengenai pelaksanaannya juga terdapat dua cara yang mayoritas masyarakat Indonesia lakukan.

Cara yang pertama mereka melaksanakannya 23 rakaat, salat tarawih 20 rakaat kemudian 3 rakaat sebagai witir. Tetapi ada juga yang melaksanakannya 4 rakaat, 4 rakaat, kemudian 3 rakaat.

Tidak hanya berbeda mengenai cara melaksanakannya saja. Tetapi juga terdapat perbedaan mengenai jumlah rakaatnya.

Ada ulama yang sepakat bahwa salat tarawih itu dilakukan sebanyak 23 rakaat. Tetapi ada pula yang 11 rakaat saja.

Namun perbedaan tersebut bukanlah masalah. Kita juga tidak boleh membenci apabila menemukan orang lain yang melaksanakan salat tarawih berbeda dengan apa yang kita lakukan.

Tugas kita saling menghargai dan menghormati. Lebih tepatnya mengenai berapa rakaat melakukan salat tarawih itu tergantung bagaimana pilihan Anda.

Terkadang ada yang bertanya, apa keutamaan melakukan salat tersebut? Untuk Anda yang belum mengetahui apa saja keutamaannya berikut ini penjelasan lengkapnya.

baca juga: Larangan Puasa Sebelum Ramadhan, Tidak Selamanya Menjadi Terlarang

Allah Mengampuni Dosanya

Untuk keutamaan salat tarawih yang pertama adalah Allah akan mengampuni segala dosa yang sudah lalu. Setiap manusia pasti mempunyai dosa. Kita sadar akan hal tersebut.

Namun sayangnya kita masih sering menunda-nunda taubat dan selalu beranggapan bahwa besok kita masih akan hidup di dunia. Padahal kematian itu bisa terjadi di manapun dan kapanpun.

Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, “Man qama Romadhona imanan wahtisaban ghufiro lahu Maa taqoddama Min dzanbih”.

Arti hadits tersebut adalah,”Siapapun yang melakukan ibadah tarawih pada bulan Ramadan dan beriman serta ikhlas, maka akan diampuni untuknya dosa yang sudah lalu.”

Dengan adanya keutamaan tersebut, harapannya jangan sampai kita melewatkan salat tarawih saat bulan puasa. Justru manfaatkan keutamaan ini untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Semangatlah dalam melakukan salat tarawih seperti semangat Anda ketika mendapatkan diskon ataupun potongan harga saat berbelanja.

baca juga; Keutamaan Asmaul Husna, 99 Nama Alloh SWT yang Indah

Dapat Pahala

Kemudian keutamaan salat tarawih yang kedua adalah mendapatkan pahala. Sudah pasti Allah akan mengganti segala kebaikan yang kita lakukan dengan niat yang ikhlas dan hanya mengharap ridho dari Allah SWT, dengan pahala yang berlimpah.

Dengan memperbanyak pahala, juga akan menjadi bekal supaya kita kelak bisa menjadi penghuni surga yang kekal.

Siapa umat muslim yang tidak ingin masuk surga? Tentunya semua menginginkan untuk bisa menjadi penghuni surga.

Sebab di surga kita bisa melakukan banyak hal tanpa takut bahwa apa yang kita lakukan akan menimbulkan dosa. Ketika di surga juga, kita sudah tidak perlu ibadah lagi kepada Allah.

Tidak hanya itu saja, tetapi keutamaan salat tarawih juga membantu untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Salat tarawih ternyata juga bisa menyehatkan rohani kita, serta kesehatan badan kita. Karena pada dasarnya semua gerakan salat itu menjadi olahraga Islami. (Muhafid/R6/HR-Online)