Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadan, Tenang Pahala Berlipat

Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadan, Tenang Pahala Berlipat

Keutamaan Tadarus Alquran di bulan Ramadan, salah satunya menjadi ciri khas dari bulan puasa tersebut. Tadarus Alquran merupakan kegiatan membaca ayat suci Alquran bersama.

Indonesia sendiri pengerjaan tadarus tersebut terbagi menjadi dua cara. Pertama adalah dibaca bergantian. Tetapi ada juga yang memilih untuk membacanya serentak atau bersama.

Bulan puasa memang merupakan bulan yang sangat mulia. Pada bulan ini juga Allah akan melipat gandakan pahala bagi siapapun yang Allah kehendaki.

Pada bulan tersebut, biasanya umat muslim berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Salah satunya mereka memperbanyak tadarus Alquran. Biasanya tadarus dilakukan setelah selesai salat tarawih, ketika malam hari.

Melaksanakan dan memperbanyak ibadah pada bulan puasa juga mempunyai makna tersendiri. Seperti yang agama Islam Jelaskan, bahwasanya Alquran itu turun ketika bulan Ramadan.

Dengan begitu, tidak heran apabila bulan puasa juga dijuluki sebagai bulan Alquran atau Syahrul Quran. Amal baik yang bisa kita lakukan salah satunya adalah memperbanyak membaca Alquran.

baca juga: Sejarah Puasa Ramadan, Sudah Ada Sebelum Zaman Nabi Muhammad

Keutamaan Tadarus Alquran di Bulan Ramadan, Apa Saja?

Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim menjelaskan, Rasulullah SAW telah bersabda, “Hendaklah kalian itu membaca Alquran, karena Alquran nanti akan datang untuk memberi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.”

Sebenarnya kita tidak hanya bisa tadarus Alquran saat bulan Ramadan saja.

Jika kita mampu melakukan hal tersebut setiap hari, pastinya membuat kehidupan manusia itu semakin hari akan semakin lebih baik.

Berbicara tentang tadarus saat Ramadan, ternyata belum banyak yang mengetahui apa keutamaan yang akan kita dapatkan ketika mampu melakukan amal baik tersebut dengan istiqomah.

baca juga: Sunnah Saat Berbuka Puasa, Keberkahan dan Pahala Makin Bertambah

Dapat Pahala Berlipat

Bentuk keutamaan yang pertama adalah Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda. Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa segala amal ibadah yang kita lakukan ketika bulan Ramadan, Allah akan balas dengan pahala yang berlipat. Tidak hanya berlaku untuk tadarus saja, tetapi juga amalan lainnya yang pada bulan suci anjurkan.

Membaca satu huruf saja dalam Alquran nantinya akan ada balasan dengan 10 kebaikan dari Allah SWT. Hal ini juga sama dengan hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi Rasulullah, SAW bersabda, “Hanya dengan membaca satu huruf dalam Alquran maka kalian akan mendapatkan 10 kebaikan.”

Lalu Bagaimana jika kita mampu membacanya lebih dari satu huruf? Sudah pasti banyak pahala yang akan kita dapatkan. Dengan demikian, maka manfaatkan waktu yang ada untuk tadarus Alquran saja.

baca juga: Hukum Sikat Gigi Saat Puasa, Tidak Batal Jika Memenuhi Syarat

Jiwa Tentram dan Tenang

Kemudian keutamaan tadarus Alquran di bulan Ramadan yang kedua adalah membuat jiwa menjadi lebih tentram dan lebih Tenang.

Dengan demikian itu berarti tadarus tidak hanya membuat kita bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Tapi siapapun yang membacanya, maka Allah akan memberikan ketenangan serta ketentraman dalam jiwanya.

Allah berfirman dalam Alquran surah Al Isra ayat 82, bahwasanya Alquran itu diturunkan untuk menjadi penawar atau obat.

Selain itu Alquran juga menjadi rahmat bagi orang yang beriman. Barangsiapa ingin mendapatkan kenyamanan serta ketentraman maka bacalah Alquran.

Terhindar dari Ghibah

Dalam menjalankan ibadah puasa ini, intinya kita tidak boleh sembarangan. Karena sampai saat ini umat muslim masih belum menyadari bahaya ghibah ketika kita sedang puasa.

Ghibah sendiri merupakan salah satu penyebab yang dapat mengurangi pahala kita saat berpuasa.

Tidak hanya mengurangi jumlah pahala yang akan kita terima. Tetapi membuat dosa juga semakin bertambah.

Daripada menghabiskan waktu untuk mengghibah lebih baik tadarusan saja. Manfaatkan bulan yang mulia ini untuk fokus ibadah kepada Allah SWT.

Mempererat Ukhuwah

Selanjutnya keutamaan Tadarus Alquran di bulan Ramadhan adalah untuk mempererat ukhuwah islamiyah. Dengan kita mengikuti kegiatan tadarus yang ada di masjid maupun mushola, merupakan salah satu upaya untuk menyambung silaturahmi dengan saudara muslim kita.

Karena kita juga tidak tahu, jika selama ini kita kurang berinteraksi akibat terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari dan padatnya pekerjaan.

Maka dengan adanya kegiatan tadarus tersebut, kita bisa meningkatkan interaksi dengan sesama kaum muslimin. Perlu Anda ketahui bahwa yang demikian itu juga merupakan cara untuk mempererat ikatan ukhuwah islamiyah.

Harapannya, setelah mengetahui keutamaan tadarus Alquran di bulan Ramadan, menjadi salah satu pecut guna menumbuhkan semangat kita untuk selalu tadarus daripada melakukan kegiatan negatif. (Muhafid/R6/HR-Online)